Ads 468x60px

Labels

About

Senin, 23 Juli 2012

Walkthrough Lengkap Suikoden V (PS2) "B.INDONESIA"

Yang masih bingung dengan game Suikoden V saya berikan Walkthrough Lengkapnya nih, monggo disimak

TIPS AWAL :
~ Dalam battle kalian bisa membawa sampai 6 karakter. Namun dalam entourage, kalian bisa membawa sampai 4 karakter. Kalian bisa melakukan switch antara anggota di dalam party dengan anggota yang menunggu, selama mereka merupakan karakter combat.

~ Map battle berjalan real-time! Terdapat dua macam map battle, battle di laut dan battle di darat. Equipment penting di dalam battle. Player juga bisa menggunakan pilihan spesial untuk mengeluarkan kemampuan masing-masing karakter, terutama Rune.

~ Untuk memenangkan map battle, diperlukan strategi dan tangan yang cepat. Terutama jika terdapat dua macam map battle yang harus kalian perhatikan, di darat dan di laut. Manfaatkan kekuatan dan kelemahan tiap unit.Perhatikan juga jalan mereka karena seringkali mereka menabrak lawan yang seharusnya tidak mereka lawan dan kemungkinan mati konyol. Jangan sampai ini terjadi karena karakter yang tidak berhubungan dengan cerita dapat terbunuh secara permanen dan karakter lain yang berkaitan dengan karakter yang tewas (misalnya Norma dan Ernst), juga akan menghilang.


Map battle laut :
Combat mengalahkan Rams
Rams mengalahkan Archer
Archer mengalahkan Combat


Map battle darat :
Archer mengalahkan Cavalry
Cavalry mengalahkan Infantry.
Infantry mengalahkan Archer.

~ Usahakan mendapat Victory+ di beberapa map-battle awal karena dapat berpengaruh pada terekrutnya lebih awal tiga karakter Star of Destiny. Victory+ juga akan memberikan bonus item.

~ Beberapa Special yang cukup membantu dalam map battle adalah Flowing (menyembuhkan Full HP), Recover (Menyembuhkan 50% HP), Frenzy (Att & Def +5, Mobility +1), Rumors (Enemy Defense -10), Morale (Atta+5) dan Relief (Restore 10HP after Battle).

~ Sama seperti map battle, duel one-one-one, salah satu fitur khas Suikoden juga muncul dalam real time. Saat one-on-one, kalian diberikan waktu sampai 3 hitungan untuk menentukan langkah kalian. X untuk Guard, kotak untuk attack dan bundar untuk special.

~ Perhatikan time-line! Beberapa karakter Star of Destiny (SoD) hanya bisa direkrut dalam waktu yang terbatas. Beberapa diantaranya juga random.

~ Sistem Train dari Suikoden III kembali di Suikoden V. Jadi kalian bisa melatih karakter kalian menjadi lebih kuat.

~ Manfaatkan Formation serta skill! Dengan Formation dan skill yang sesuai, pertarungan akan terasa lebih mudah.

~ Akan terdapat banyak pilihan di dalam Suikoden V dan beberapa diantaranya dapat mengarah ke Bad Ending atau pengrekrutan karakter. Jadi pilihlah pilihan yang positif.

~ Item tersebar di setiap kota yang kalian kunjungi jadi periksa semua sudut.

~ Tekan L1 untuk melakukan zoom karakter. Dan jika kalian bingung harus ke mana, berbaliklah dan bicara dengan Lyon yang hampir selalu mengikuti kalian. ^^

oke kita mulai yuk :)

Seperti biasa, kalian harus memberikan nama untuk Hero Suikoden V terlebih dahulu sebelum meneruskan cerita. Setelah memberi nama (mulai sekarang saya akan menyebutnya Hero), lihat event sampai kalian bertemu dengan Ferid dan Arshtat untuk pilihan. Kemudian akan ada event lagi.

Lordlake
Setelah event, save game kalian kemudian jelajahi kota ini. Masuklah ke Clinic untuk event kemudian lanjutkan ke sisi lain kota untuk event pendek. Di daerah selatan ini, terdapat item di pojok. Masuki Rovere Mansion setelah event. Ambil item di dalam lalu masuki pintu di sebelah kiri bawah. Akan ada event lagi namun sebelum menemui ke dua orang tadi, ambil dulu item yang ada di kiri bawah (jalannya agak tertutup). Setelah mengambilnya, temui kedua orang tadi. Pergilah ke gerbang di selatan yang sebelumnya dijaga, kalian bisa lewat sekarang.

Withered Forest
Save game kalian terlebih dahulu sebelum memulai pencarian. Lanjutkan sampai kalian melihat sebuah papan penunjuk. Dari sini, pergi ke selatan untuk item kemudian balik ke papan penunjuk dan lanjutkan ke ke kanan. Ambil jalan kanan bawah untuk item sebelum melanjutkan. Usahakan kalian mencapai level 5 untuk mempermudah battle. Lanjutkan untuk event dan kalian akan melawan musuh. Tidak sulit dengan adanya Georg, gunakan juga Unite Attack Hero + Lyon.

Sun Palace
Lihat event lagi, tentukan pilihan kemudian sekarang saatnya mencari Lymsleia. Pergilah lebih dahulu ke sayap kiri Istana. Kamar Lymsleia terdapat disana namun dia sendiri tidak ada di dalam. Jadi kali ini pergilah ke sisi kanan istana. Namun mampirlah ke atas tangga spiral untuk tiba di Seal Room. Tanyakan semua pertanyaan yang muncul lalu pergilah ke sisi kanan istana. Kamar Hero terletak di 2F dan kalian bisa melakukan save disini.

Lymsleia masih tidak terlihat, jadi turunlah ke 1F dan coba jalan ke arah selatan untuk event Kyle. Kyle akan bergabung denganmu. Masuki Guard's Room untuk event serta pilihan lagi. Setelah event selesai, cobalah meninggalkan ruangan dan kalian akhirnya akan bertemu Lymsleia.

Pilihan lagi, berbaik hatilah kepada adik kesayangan kalian lalu sapa Miakis. Setelah puas berbincang-bincang, Lymsleia dan Miakis akan bergabung. Keluar untuk perbincangan lagi dan Sialeeds akan bergabung. Tinggalkan istana, kalian bisa save dan ada item menunggu di sebelah kanan. Turuni tangga kemudian telusuri jalan sampai kalian melihatnya.

Hampiri gedung di sebelah kiri untuk event pendek kemudian masuk. Pergilah ke pintu paling utara di 2F dan bicara dengan orang disana. Bicaralah dengan SEMUA orang disini dan masuki ruang rapat untuk pertemuan pertama kalian dengan Euram danLord Barrows. Bicara juga dengan SEMUA orang disini lalu kembali ke orang di ruangan utara tadi. Kalian bisa masuk ke dalam untuk event lagi. Setelah beres, keluar dari gedung dan Miakis akan pergi bersama Lymsleia dan Sialeeds. Kyle akan tetap bersama kalian. Terima tawarannya dan lanjutkan ke selatan untuk memasuki kota.

Sol Falena
Kota yang sangat luas! Save terlebih dahulu sebelum mulai menjelajah. Di sisi sebelah kanan, terdapat Blacksmith (walaupun belum buka), Trade Shop, Appraisal Shop, dan Instruction Shop. Di sisi kiri terdapat Inn, Item Shop, Armor Shop dan Rune Shop. Jelajahi kota ini sekalian mengumpulkan beberapa informasi mengenai Queendom of Falena. Rune Shop terletak di sisi kota sebelah kiri jadi pergilah ke sana dan masuk untuk event lagi. Begitu keluar akan ada event lagi. Susul Kyle kemudian kalian punya pilihan untuk battle atau tidak. Jika kalian memilih untuk battle, manfaatkan Kyle. Kembali ke Sun Palace untuk event.

Lyon akan bergabung bersama Georg dan Sialeeds. Lanjutkan ke selatan kemudian masuki kota Sol Falena. Jika kalian punya uang lebih, pergilah ke Blacksmith untuk melakukan up-grade senjata. Kalian harus pergi ke Pier. Dari pintu masuk ke Sun Palace, terus saja ke selatan dan kalian akan tiba di Pier. Kyle menunggu disini kemudian naiki kapal. Setelah event, kalian harus mengalahkan Zadom. Georg sangat membantu disini, jadi gabungkan dengan Unite Attack Hero+Lyon. Akan ada event serta pilihan lagi dan kalian akan tiba di Stormfist.

Stormfist
Selesai event, Gizel akan bergabung denganmu. Masuki Arena dan lanjutkan ke kiri untuk event serta pilihan. Jelajahi semua daerah untuk event bersama Euram serta para budak dan juga item yang tersebar di lapangan luar. Pergilah ke 2F dan ingat-ingat tempat ini karena kalian akan sering ke sini. Kamar untuk Hero terletak di sebelah kanan bawah dan kalian bisa save game disini.

Setelah menjelajahi semuanya, dari tangga menuju 2F, setelah event Gizel dan Sialeeds akan meninggalkan party. Event lagi dan kalian bisa mensave game kalian di sebelah kanan. Kalau kalian kembali ke utara, akan ada banyak toko yang bisa kalian jelajahi. Terdapat dua sisi kota yang bisa kalian jelajahi (utara dan selatan) jadi periksa semuanya dan ambil item yang ada. Jika kalian menuju ke arah kanan, akan ada event serta pilihan. Shoon akan bergabung dan kalian membutuhkan tempat bicara. Seperti saran Lyon, pergilah ke Inn untuk bertemu Marina serta event lagi.

Kembali ke Arena dan bertemu dengan Sialeeds yang akan bergabung dengan kalian. Persiapkan dirimu dengan item serta equipment jika uang kalian mencukupi. Kembali ke Shoon dan jawab dengan "Yes" untuk event lagi. Save kemudian jalan sedikit untuk event lagi. Tujuan kalian adalah menginjak TIGA switch yang ada untuk membuka jalan menuju ke penjara. Kalian akan bertemu juga dengan Eggbert disini. Lanjutkan sampai tiba di save point berikutnya. Jika kalian meneruskan, Shoon akan membukakan jalan untuk kalian.

Di dalam penjara, lanjutkan ke kiri kemudian event lagi. Kejar dua laki-laki yang kabur karena Zegai tidak akan pergi. Sembuhkan diri sebelum menaiki tangga dan kalian akan tiba di luar. Habisi 6 musuh satu persatu dengan menggunakan Unite Attack Hero+Lyon serta Georg. Shoon bisa menggunakan Rune dan Sialeeds bisa menggunakan scroll jika punya. Event lagi serta pilihan kemudian tinggalkan penjara.

Akan ada event yang cukup panjang dan Hero diharuskan melakukan One-on-One. Dengarkan petunjuk Lyon kemudian masuki pintu sebelah kanan untuk event. Kalian akan melawan Shoon jadi dengarkan perkataannya dan tekan tombol yang sesuai.

Setelah menang, akan ada event kocak dengan Lymsleia. Ia akan bergabung bersama Miakis. Pergilah ke 2F, kalian bisa save game juga di kamar Hero. Di 2F lanjutkan ke utara dan duduklah di kursi yang kosong. Seiringan dengan event, akan ada pilihan lagi menyangkut Lymsleia. Selesai itu, kalian akan melihat Belcoot dan Ferid akan memberikan pilihan. Tinggalkan 2F dan cobalah memasuki kota.

Kalian akan bertemu dengan Nikea serta keinginannya yang aneh. Masuki kota kemudian pergilah ke arah Inn. Lanjutkan ke wilayah kiri kota untuk event lagi dan bantulah Belcoot. Lawan 5 Rouge dan akan ada pembicaraan pendek. Belcoot akan bergabung denganmu. Cobalah menuju ke bagian selatan kota untuk melihat dwarf.

Pergilah ke arah Inn dan Belcoot akan meninggalkanmu. Masuki Inn dan lihat event lagi. Kembalilah ke Arena dan keesokan harinya, save kemudian bicaralah dengan Lymsleia untuk pilihan lagi. Kembali ke Inn untuk event lagi. Belcoot akan bergabung denganmu. Persiapkan dirimu kemudian lanjutkan ke selatan. Belok kanan kemudian selatan lagi dan tinggalkan Stormfist. Kalian bisa menaikkan level terlebih dahulu di World Map sebelum menuju ke arah Western Forest (sebelah barat dari Stormfist).

Western Forest
Sialeeds akan memberitahu jalan rahasia tapi sebelumnya save permainanmu. Kemudian ikuti jalur rahasia sambil mengambil item yang ada. Kalian akan tiba di gubuk tujuan kalian dan akan ada event lagi. Apa pun yang kalian pilih, musuh tetap akan menyerang. Gunakan serangan Belcoot, Georg dan Unite Attack untuk menghabisi mereka. Setelah menang, event lagi namun jangan pergi dulu. Periksa sekitar gubuk untuk jalan kecil menuju 2 item yang tersembunyi. Setelah menemukannya, kembalilah ke Stormfist.

Stormfist
Di dalam Inn akan ada event lagi dan Hero akan terbangun di tengah malam. Keluarlah dan bicara dengan Marina. Kembali ke kamar untuk beristirahat dan Lyon akan membangunkanmu dengan pilihan berikutnya. Turunlah ke bawah untuk pembicaraan lagi kemudian kembalilah ke Arena.

Kembalilah ke VIP Seat di 2F untuk event, segera hentikan perbuatan Cieldrich. Kemudian pergilah ke Infirmary untuk melihat keadaan Belcoot. Selesai event, pergilah ke basement dan masuki sel di pintu yang ada untuk event dengan Zegai. Sialeeds akan bergabung kemudian pergilah ke 2F dan masuki ruangan Arshtat untuk event lagi.

Bicaralah dengan Ferid keesokan harinya kemudian bicara Lymsleia dan Miakis. Pergilah juga ke basement untuk bicara dengan Shoon. Kemudian masuki kota dan pergilah ke Inn untuk menemui Marina dan Belcoot. Bicara juga dengan Norma dan Gavaya kemudian belilah Salt dari Trade Shop. Setelah puas, kembali ke Ferid dan katakan kau siap. Event lagi serta pilihan dan kalian akan meninggalkan Stormfist.

Sun Palace
Keesokan harinya, Lymsleia akan memasuki kamarmu bersama Miakis. Mereka akan bergabung jadi tinggalkan kamarmu kemudian pergilah ke Audience Chamber. Sialeeds dan Georg akan bergabung denganmu. Masuki Audience Chamber untuk event kemudian cobalah tinggalkan Sun Palace untuk bertemu Kyle. Pergilah kembali ke Rune Shop untuk pertemuan pertamamu dengan Jeane (PENTING!). Tinggalkan Sol Falena melalui pintu sebelah kanan kota. Di World Map, lanjutkan ke arah kanan untuk tiba di East Palace.

East  Palace
Beberapa item tersebar di kota ini dan salah satunya tersembunyi di akhir jalan dekat danau. Periksa saja dan kalian akan menemukannya. Salah satu penduduk juga akan memberikan item padamu. Masuki bangunan di utara dan lanjutkan ke pintu di utara untuk event. Kalian akan bertemu dengan Mysterious Woman dan akan ada event lagi. Tinggalkan East Palace. Lanjutkan ke utara untuk tiba di Lunas.

Lunas
Akan ada event lagi begitu kalian memasuki Lunas dan Isato akan bergabung denganmu. Pergilah ke Oracle's Conclave, bangunan terbesar di kota. Namun kalian bisa mengambil dulu dua item di dalam peti sebelum memasuki bangunan. Akan ada event lagi di dalam. Lymsleia dan Miakis akan meninggalkanmu. Pergilah ke bagian bawah kota untuk event lagi serta pilihan dengan Lyon. Masuki semua rumah untuk beberapa item dan salah satu penduduk akan memberikan item padamu. Kembalilah ke Oracle's Conclave untuk event lagi.

Cobalah memasuki Oracle's Conclave untuk event lagi dan temani Isato untuk menyelidiki sumber suara. Pergilah ke Lunas North Forest kemudian lanjutkan sampai ujung untuk event "mengenaskan". Setelah itu, akan ada event lagi dan kalian bisa beristirahat. Pergilah ke lantai atas dan masuki kamar Hero disebelah kiri bawah. Beristirahatlah dan Lymsleia akan muncul. Terima permintaannya untuk mengetahui seperti apa hubungan mereka berdua di masa lalu. Keesokan harinya, Lymsleia dan Miakis akan meninggalkanmu. Tujuan berikutnya, Raftfleet yang terletak selatan dari East Palace. Pergilah ke sana.

Raftfleet
ada event. Apa pun hasilnya, Kyle dan Zegai akan menyelamatkan kalian. Zegai akan bergabung dengan kalian. Cobalah tinggalkan ruangan dan kalian akan bertemu Georg. Event serta pilihan kemudian lanjutkan ke kanan dan Sialeeds akan membukakan jalan rahasia. Ikuti jalan tersebut untuk event yang cukup panjang. Pergilah ke Lunas.

Kota perahu dengan item yang tersebar di sana sini. Tujuan kalian adalah Dahak, namun tidak ada salahnya jika kalian menjelajahi seisi kota untuk item terlebih dulu. Dekat save point, akan ada event pendek dengan Meroon. Dan di Trade Shop, kalian akan bertemu dengan Sairoh. Belilah Salt dari Trade Shop, kalian membutuhkan sekitar 6 (jika tidak cukup stock, belilah di Trade Shop lain yang akan kalian lewati nanti). Setelah puas menjelajah, pergilah ke Dahak.

Dari save point, lanjutkan ke utara dan naiki tangga. Naiki lagi tangga di sebelah kiri untuk event mengenai Raja dan Kisara. Selesai event, kalian bisa melakukan penjelajahan di Dahak atau langsung keluar dari Raftleet. Sekarang saatnya kalian mempersiapkan Lyon, Hero dan Sialeeds. Naikkan level mereka sampai mencapai minimal 18. Kemudian pergilah ke Rune Shop di Sol Falena dan buat scroll Clay Guardian, Dancing Flame dan Berserk Blow dengan membeli Rune. Kemudian naikkan skill Defense ketiganya sampai C (gunakan SP Party jika perlu) dan segera equip. Up grade juga senjata ketiganya sampai level 5. Seharusnya kalian memiliki 3 Sacrificial Jizzo, pasangkan ke Hero, Lyon dan Sialeeds. Save game kalian.

Sun  Palace Rainwall
Masuki Sun Palace untuk event lagi. Sialeeds dan Georg akan meninggalkan kalian. Pergilah ke Audience Chamber dan masuki ruangan di belakang tahta. Akan ada pilihan dengan Lyon dan Arshtat. Kembali ke kamarmu untuk beristirahat. Event lagi dan Sialeeds akan bergabung. Bicaralah dengan Ferid dan pilih pilihan 2 untuk beristirahat. Event dan kalian harus mengalahkan Assassin. Save kemudian tinggalkan ruangan. Turunlah ke lantai bawah untuk event lagi dan kalian harus melawan Dolph serta Childerich.

Dolph + Childrerich
Gunakan scroll Clay Guardian kemudian Dancing Flame dan Berserk Blow ke Childerich. Pusatkan serangan kalian terlebih dahulu ke Childerich dan setelah dia kalah, jangan lupa untuk kembali menggunakan Clay Guardian. Dolph lebih sulit dan sepertinya dia selalu mengincar Lyon. Segera sembuhkan diri kemudian gunakan Unite Attack Hero+Lyon. Setelah cukup lama, dia akan kalah.

Jika kalian menang, kalian akan mendapatkan Prosperity Shards. Namun jika kalian kalah, akan ada event. Apa pun hasilnya, Kyle dan Zegai akan menyelamatkan kalian. Zegai akan bergabung dengan kalian. Cobalah tinggalkan ruangan dan kalian akan bertemu Georg. Event serta pilihan kemudian lanjutkan ke kanan dan Sialeeds akan membukakan jalan rahasia. Ikuti jalan tersebut untuk event yang cukup panjang. Pergilah ke Lunas.

Lunas
Begitu masuk, akan ada pembicaraan pendek dan Isato akan bergabung. Temui Haswar untuk event lagi. Pergilah ke kamarmu di lantai atas. Pilihan lagi dengan Lyon dan event. Keesokan harinya, turun dan temui Haswar untuk pilihan dan event lagi. Isato akan bergabung bersama dengan yang lain. Pergilah ke Lunas North Forest dan di sana Isato akan menunjukkan jalan. Ikuti jalan tersebut sampai kalian tiba di ujung jalan. Isato akan meninggalkanmu. Setiba di World Map, lanjutkan ke arah tenggara untuk tiba di Haud Village.

Haud  Village
Akan ada pembicaraan pendek mengenai kota warna-warni ini. Sebelum menuju ke arah timur, jelajahi dulu semua kota untuk item. Temui juga Bastan di Appraisal Shop serta Josephine di taman. Beli Salt di Trade Shop jika kalian belum memiliki 6 Salt. Setelah puas, pergilah ke arah pintu keluar di timur untuk event pendek yang memperkenalkan Boz. Zegai akan meninggalkanmu kemudian pergilah ke dock di dekat Inn dan terima tawaran Boz. Kalian akan meninggalkan Haud Village.

Rainwall
Boz akan bergabung denganmu dan save point ada di dekat pintu masuk. Save jika mau kemudian telusuri setiap pojok serta rumah untuk item. Di dekat Trade Shop, kalian bisa bertemu dengan Alhazred. Lanjutkan sampai kalian tiba di rumah paling besar yang ada di paling atas. Kalian akan bertemu lagi dengan Euram dan akan ada pembicaraan yang cukup panjang.

Setelah Luserina bergabung denganmu, naiklah ke atas dan kalian akan disapa oleh Chuck. Pintu di kiri bawah akan membawamu ke gudang, bicara dengan Chuck dan simpan semua barang yang kalian rasa tidak perlu. Di 2F, masuki pintu kanan bawah untuk event lagi. Turun ke bawah dan akan ada pilihan. Kalian akan memasuki Map Battle pertama kalian jadi sebaiknya persiapkan diri dulu dengan melakukan save. Setelah kau siap, terima tawaran Barows.
Map Battle #1 (Objective: Kalahkan semua musuh).
Akan ada penjelasan mengenai tipe pasukan dan kelemahan serta kekuatan mereka. Gunakan pengetahuan ini untuk memenangkan pertempuran pertama kalian. Tekan SELECT untuk melakukan pause permainan. Jika kalian mendapatkan Victory+, kalian akan mendapatkan Hungry Wolf - buku untuk formation.

Selesai event, turuni tangga dan temui Dinn. Bicara dengan semuanya dan jika kalian perlu melakukan edit party (walaupun belum ada siapa-siapa), bicara dengan Luserina. Tinggalkan kediaman Barows dan cobalah meninggalkan Rainwall. Kalian akan melihat Mysterious Woman dari sebelumnya di dekat air mancur dan Murad di dekat pintu masuk.

Bicara dengan dia dan ajaklah bergabung, walaupun dia menolak. Usahakan SELALU bicara dengannya dan mengajaknya bergabung setiap kali bertemu dia. Pergilah ke Pier dan masuki Oboro Detective Agency untuk pertemuan dengan Sagiri, Fuyo dan Shigure. Jika kalian terus ke arah timur, kalian akan tiba di Estrise dan bertemu dengan Babbage, Lu serta Sorensen. Dan di dekat Revolving Bridge, kalian bisa bertemu dengan Levi serta Bergen di dasar Big Hole. Tujuan kalian berikutnya adalah Raftfleet.

SoD yang bisa direkrut saat ini: Cornelio

Raftfleet
Di dalam kota ini terdapat beberapa SoD, namun mereka belum mau bergabung denganmu. Pergilah ke Dahak dan bicara dengan Raja. Selesai pembicaraan dengan Raja, tinggalkan Dahak dan Kisara akan menghentikanmu. Pergilah ke sisi utara Raftfleet dan temui Logg serta Lun. Pilih pilihan 2 dan pilihan 2 lagi jika kalian sudah siap. Kalian akan dibawa ke Southern Wharf. Lun akan bergabung denganmu. Tujuan kalian adalah Lordlake, yang terletak di selatan jadi pergilah ke sana, melewati hutan yang kering dan masuki Lordlake.

Lordlake
Tidak banyak yang berubah disini. Bicaralah dengan Talgeyl yang berada di dekat pintu masuk. Pilih pilihan 2 kemudian tinggalkan Lordlake. Jika kalian mau, kalian bisa menjelajah kota ini walaupun tidak banyak yang bisa dijelajahi saat ini. Kembalilah ke Rainwall.

Rainwall
Bicaralah dengan Salum di Barows Mansion kemudian pergilah ke kamarmu. Setelah beristirahat, keluar dari kamar dan Lyon akan bergabung. Luserina berada di kamar kanan atas jika kalian ingin mengedit party. Kembalilah ke Raftfleet kemudian bicara dengan Logg dan Lun. Pilih pilihan 2, event dan kalian akan tiba di Baska Mine. Logg dan Lun akan bergabung.

Baska Mines
Terdapat dua item di wilayah ini jadi ambillah sebelum memasuki gua. Di dalam, perhatikan kereta besi yang terletak di sebelah kanan. Periksa kereta itu untuk membuka jalan. Lanjutkan sampai kalian tiba di kereta besi kedua. Periksa lagi untuk membuka jalan. Teruskan sampai kalian tiba di Dwarf Camp. Beli item yang kalian perlukan disini, ada dua item di sini jadi periksa semua sudut dan rumah. Setelah siap, save game dan naiki tangga di sebelah kiri untuk bertemu dengan Gunny.. eh, Gunde. Ikuti dia memasuki gua berikutnya. Terus saja ke utara sampai kalian tiba di daerah yang cukup luas. Ambil jalan kiri atas, belok kanan dan lanjutkan sampai ada event. Gunde akan meninggalkanmu.

Agate Prison
Save kemudian keluar untuk event pendek. Jalan disini lurus-lurus saja jadi teruskan sambil memungut item yang ada. Jika kalian memasuki pintu ke selatan, Lyon akan menghentikanmu. Lanjutkan ke barat dan di akhir jalan kalian akan melawan 4 Guards. Tidak terlalu sulit, manfaatkan Unite Attack milik Hero+Lyon atau Logg+Lun. Habisi dulu para pemanah karena mereka bisa menyerang karakter di belakang.

Setelah menang, event lagi dan Cius serta Lelei akan bergabung untuk membawa kalian menemui Lucretia. Event lagi dan terima Lucretia untuk mengajaknya bergabung. Namun jangan tinggalkan Agate Prison terlebih dahulu. Kembali ke penjara bagian timur dan bicara dengan Killey di salah satu sel. Setelah itu, tinggalkan Agate Prison melalui pintu yang sebelumnya Lyon larang untuk dilewati. Event lagi dan kalian akan kembali ke Raftfleet. Bicara dengan Raja namun jangan lupa untuk save. Pilih pilihan 2 setelah kalian siap.


Map Battle #2
(Objective: Kalahkan semua musuh atau kurangi HP Fleet milik Bafran sampai setengahnya) Map battle laut pertama kalian! Dengarkan penjelasan Raja mengenai kelemahan dan kekuatan pasukan. Jangan hampiri musuh terlebih dahulu. Setelah beberapa saat, hanya tinggal tiga kapal termasuk milik Bafran. Habisi dua kapal musuh terlebih dahulu sebelum menyerang kapal Bafran. Hadiah untuk Victory+ adalah Lucky Ring.

Raja dan Kisara akan bergabung setelah ini. Kalian bisa bicara dengan Murad di Raftfleet. Tinggalkan Raftfleet.

SoD yang bisa direkrut saat ini: Shinro, Josephine.

Rainwall
Tinggalkan Rainwall sesaat dan rekrut Josephine kalau mau sebelum kembali ke Barows Mansion. Kembali ke kamarmu untuk event kemudian pergilah ke Oboro Detective Agency. Akan ada event lagi dan setelah itu kalian bisa kembali ke Barows Mansion. Namun sebaiknya kalian ikuti penyelidikan Oboro. Mulailah dengan bicara dengan Norden di Inn Rainwall. Bicara dengannya 2x kemudian keluar untuk bertemu dengan Sagiri dan Shigure. Ikuti mereka terus dengan menerima ajakan Oboro dan pergilah ke Lordlake. Ikuti terus sampai event ini berakhir.

Save game kalian sebelum kembali ke Barows Mansion. Kyle akan bergabung denganmu dan selesai event ini, kembalilah ke kamarmu. Beristirahatlah lalu akan ada event lagi ditengah malam. Jika kalian menginginkan Bad Ending, terimalah tawaran Barows. Jika tidak, tolak tawarannya mentah-mentah. Keesokan harinya, turunlah ke bawah dan bicara dengan Salum serta Lucretia. Kembali ke kamarmu untuk event lagi kemudian turunlah untuk bertemu dengan Wilhelm dan Mueller. Jika kalian sudah siap, pilih pilihan 1.

Map Battle #3 (Objective: Kalahkan semua musuh atau kurangi HP Jidan sampai _)
Saat mulai, sesuai perintah Lucretia, gerakkan pasukanmu ke arah hutan di selatan. Akan ada event lagi dan kalian kini bisa mengendalikan pasukan Godwin. Gabungkan kekuatan Godwin dengan kekuatan kelompok kalian untuk mengalahkan pasukan Armes. Hadiah untuk Victory+ adalah Guardian Boots.

Event lagi setelah ini kemudian pergilah ke gudang yang dijaga Chuck. Terima tawarannya dan kalahkan dia melalui duel one-on-one. Setelah menang, turunlah ke bawah dan hampiri lemari yang ada untuk mendapatkan Dawn Rune serta bertemu dengan Mysterious Woman itu lagi. Kembalilah ke ruang utama untuk event lagi. Chuck akan bergabung denganmu. Bicara dengan Wilhelm dan Mueller untuk mengajak mereka bergabung namun mereka menolak. Pergilah ke Raftfleet.

Raftfleet
Hero akan berganti pakaian setelah kalian menemui Raja. Kalian diizinkan memberi nama pasukan kalian (Orange Army Kedengarannya familiar kan?). Tinggalkan Dahak dan masuki Oboro Detective Agency di dekat save point untuk bertemu dengan Dolph lagi. Bicara dengan Oboro dan ajak dia bergabung. Shigure dan Fuyo juga akan ikut bergabung. Kalian bisa menemui Norma lagi (ingat? Di Stormfist) di Raftfleet Inn.

Di kamar yang satu lagi, kalian bisa mengajak Norden untuk bergabung. Cobalah pergi ke pintu masuk Raftfleet untuk event lagi. Kalian bisa kembali ke beberapa tempat dengan menggunakan jasa Logg. Kalian bisa ke Lunas dengan melewati Lunas Northern Forest (kalian harus membawa Takamu) untuk bertemu dengan Zegai dan Urda.

SoD yang bisa direkrut saat ini: Egbert, Takamu, Sairoh.

Pergilah ke Lordlake dan bicara dengan Talgeyl untuk pilihan lagi. Pergilah ke Clinic untuk menemui Silva, akan ada event. Keluar dan kalian akan bertemu Toma, pilih pilihan 2 agar dia bergabung di kelompokmu. Kembali ke Raftfleet. Bicaralah dengan Raja kemudian tinggalkan Dahak untuk dihentikan Lucretia. Bicaralah lagi dengan Raja kemudian pergilah bicara dengan Logg. Berangkatlah ke Yashuna Village.

Yashuna Village
Jika kalian memiliki uang cukup, kalian bisa memperbaharui equipment baru kalian disini. Periksa semua tempat untuk item dan temui Miroon di salah sumber air panas. Tinggalkan Yashuna Village dan pergilah ke arah tenggara, menuju ke Mountain Road. Lewati Mountain Road (jalannya lurus-lurus saja kok) dan lanjutkan sampai tiba di Beaver's Village di barat.

Beaver Lodge
Carilah tangga yang berada ditengah perkampungan dan naik ke atas untuk bertemu dengan Fuwalafuwalu. Pilih pilihan ke-2 dan Maroon akan bergabung denganmu. Ambil item di dalam rumah ini kemudian keluar untuk event lagi. Kembalilah ke Yasuna Village lalu dari sana, lanjutkan ke arah barat daya untuk tiba di Ceras Lake Ruins.

Ceras Lake  Ruins
Kalian akan melihat seorang laki-laki disini. Bicara dengan dia (Zweig) dan dia akan bergabung denganmu. Persiapkan Hero sebelum memasuki gua karena begitu masuk kalian akan bertemu dengan Lorelai muda dan dia akan menantangmu duel one-on-one.

Kalahkan dia dan ajak dia bergabung dalam party. Kalian akan melihat tiga jalan, kanan, kiri dan tengah. Namun jalan tengah belum bisa dilewati karena adanya air terjun yang menghalangi. Ambil jalan kiri terlebih dahulu. Lanjutkan ke utara dan injak switch di area ini kemudian lanjutkan ke barat untuk mengambil item. Kembali ke jalan awal (bukan jalan dengan tiga pintu) dan kali ini ambil jalan ke selatan. Ikuti jalan itu kemudian injak lagi dua switch yang ada. Kembali ke area awal.

Kali ini ambil jalan kanan. Pergi dulu ke selatan untuk item serta switch yang harus diinjak. Kembali ke pertigaan awal dan lanjutkan terus ke kanan. Ada dua switch disini kemudian kembali ke pertigaan awal dan ke selatan lagi.

Ada ruangan yang baru terbuka di sebelah timur. Injak switch di utara dan jangan lupa memungut item yang ada. Kembali ke ruang utama dan kalian bisa melanjutkan ke utara. Event lagi dan kalian bisa save permainan kalian sebelum melanjutkan ke area berikutnya. Boss time!

Diamond Sun A + Diamond Sun B
Untuk pertahanan, manfaatkan Formation dan Clay Guardian. Pusatkan serangan kalian terlebih dahulu ke salah satu Diamond Sun. Zweig agak tidak berguna disini karena dia tidak memiliki Rune dan serangannya payah. Jika kalian memiliki scroll, sebaiknya pasangkan beberapa ke Zweig agar dia bisa menyerang juga. Lorelai bisa menyerang dengan menggunakan Lightning Rune miliknya. Setelah 3 turn, jangan lupa menggunakan Clay Guardian lagi.

Setelah memenangkan pertarungan ini, masuki ruangan terakhir untuk event. Tinggalkan dungeon ini dan tebak kalian bertemu siapa? Pilih pilihan 2 dan semua akan terteleport secara otomatis ke Raftfleet.


Raftfleet
Viki secara otomatis akan bergabung dengan kalian. Save di tengah jalan lalu bicaralah dengan Raja di Dahak dan pilih pilihan 2. Jika kalian sudah siap, pilih lagi pilihan 2.
Map Battle #4 (Objective: Kalahkan semua musuh)
Musuh memiliki 3 Combat, 2 Rams dan 2 Archer. Jadi pasangkan orang yang pantas untuk kapal kalian. Karena musuh tidak akan bergerak, kalian harus bergerak terlebih dahulu. Dengan hati-hati, serang musuh dengan kapal yang merupakan kelemahan mereka. Cepat atau lambat, mereka semua akan kalah. Hadiah untuk Victory+ adalah Thunder Helm.

Setelah menang, temui Viki di dekat Chuck dan minta teleport ke Yashuna Village. Dari sini, lanjutkan ke Ceras Lake Ruins untuk event lagi. Masuki dungeon untuk bertemu Lorelai lagi dan pilih pilihan 2. Kembali ke ruangan paling ujung untuk event lagi. Turuni tangga yang ada selesai event.

HQ
Akhirnya kalian mendapatkan HQ tetap! Akan ada event lagi dan kalian bisa memberikan nama untuk HQ kalian. Jangan terima usulan Lucretia ^^ lalu keluar, belok kiri dan naiki tangga di pojok sebelah kiri. Masuki Seal Room di atap untuk event lagi, pilih pilihan 1 dan Zerase akan bergabung. Mulai saat ini, level 2 Dawn Rune bisa digunakan. Turunlah ke lantai bawah (1F) dimana kalian bisa bertemu Viki.

Bicara dengan dia dan dia akan memberikan Blinking Mirror. Naik ke lantai atas (2F), ke selatan dan Toma akan bergabung bersama Maroon. Pergilah ke arah kiri untuk bertemu Logg dan minta dia membawamu ke Beaver Dam. Dari sana, pergilah ke Lordlake.

Lordlake
Talgeyl, Goesch dan Silva akan bergabung denganmu. Cobalah untuk keluar untuk event lagi. Kalian bisa menjelajahi sisi tenggara Lordlake sekarang. Pungut Iron Hammer serta Wall Rune sebelum kembali ke Beaver Dam dan kembali ke HQ. Bicara dengan Muroon dan ajak bergabung dengan pilihan 2. Jika kalian sudah mentrigger event dengan Kyle di

Agate Prison, dari dalam HQ keluar dari 2F dan akan ada event. Pilih pilihan 2 kemudian bawa Killey ke Seal Room. Kemudian pergilah ke Dwarf Camp dan berikan Iron Hammer ke Blacksmith. Tingkatkan senjata salah satu karakter menjadi level 10 kemudian ajak dia bergabung namun dia menolak.

SoD yang bisa direkrut saat ini: Wilhelm, Mueller, Subala, Zunda, Marina, Belcoot, Alhazred, Richard, Zegai.

Beaver Lodge
Tujuan kalian yang berikutnya, temui Fuwalafuwalu dan pilih pilihan 2 untuk mengajaknya bergabung. Bicara dengan beaver di sebelah kiri elder's house. Dia akan menyebut nama 'boss', tanyakan hal ini ke Fuwalafuwalu. Kalian bisa bertemu dengan Linfa di Estrise serta Murad di Lordlake.

SoD yang bisa direkrut saat ini: Sorensen, Bastan, Genou.


HQ
Pergilah ke War Room di 3F untuk event lalu turun ke 2F dan masuki pintu di selatan untuk menemui Taylor. Pilih pilihan 2 dan Kyle akan bergabung denganmu. Bentuk party dengan menggunakan jasa Luserina. Setelah siap, kalian bisa bicara dengan Logg untuk berangkat ke Lelcar.

Lelcar
Kota ini memiliki konsep mirip Two Rivers di Suikoden 2. Kalian akan bertemu dengan Wasil disini. Lanjutkan ke selatan untuk dua event dan kalian akan berakhir di kediaman Wasil. Selidiki dulu wilayah barat Lelcar untuk item dan pastikan kalian membelanjakan uang kalian di toko Armor milik Monsen. Kalian juga akan kembali bertemu Nikea di Inn.

Setelah puas, pergilah ke sisi timur dan dekati air mancur yang ada untuk event. Kembalilah ke sisi barat kota dan lanjutkan ke selatan untuk event dan pertarungan melawan 6 musuh. Simpan magic kalian untuk battle yang lebih sulit. Ambil item yang ada sebelum menuruni tangga ke bawah. Event lagi dan kalian harus melawan Nikea dan beberapa musuh. Gunakan magic serta Unite Attack untuk menghabisi mereka secepatnya. Keluar dari tempat ini untuk event, pilih pilihan 2 dan jika sudah siap, pilih pilihan 2.
Map Battle #5 (Objective: Musuh dipukul mundur dari Lelcar).
Map battle disini bisa dibilang tergolong sulit karena kalian harus memikirkan 2 map battle sekaligus, darat dan laut. Jadi perhatikan dengan baik. Karena jarak dengan musuh di peta laut cukup jauh, segera atur pasukan kalian agar siap saat mereka menyerang. Manfaatkan Special setiap pasukan jika ada. Setelah mereka semua kalah, akan ada event lagi. Kalian akan mendapatkan Guardian Chain untuk Victory+.

Kalian secara otomatis akan melawan 6 Godwin Soldier, jadi habisi mereka secepatnya dengan magic atau Unite Attack. Setelah event, Wasil bersama Volliga dan Orok akan bergabung sebagai SoD. Masuki Rune Shop lalu keluar lagi dan kalian akan melihat Monsen. Bicara dengan dia dan jika kalian sempat berbelanja di tokonya, pilih pilihan 1 lalu 2 untuk mengajaknya bergabung.

HQ
Pergilah ke War Room di 3F untuk event lagi dan Sialeeds akan bergabung. Sebaiknya naikkan level dia (jika kalian jarang membawanya) dan pilih anggotamu dengan bicara ke Luserina. Tujuan kalian yang berikutnya adalah Sable. Namun kalian bisa bertemu lagi dengan Linfa di Yashuna Village. Untuk menuju ke Sable, dari Lordlake lanjutkan ke timur sampai kalian tiba Check point.

SoD yang bisa direkrut saat ini: Murad, Jeanne, Nikea, Taylor, Wilhelm, Mueller (jika belum direkrut).

Checking Point
Tidak banyak menarik disini. Kalian harus melawan 4 Sable Guards. Setelah menang, Dinn dan Boz akan muncul dan bergabung dengan kalian. Lanjutkan melewati gerbang dan tiba di Sable.

Sable
Event lagi kemudian sebelum meninggalkan rumah ini, periksa dulu untuk item. Kalian bisa menemukan Silver Hammer di kota ini. Persiapkan diri kalian dengan membeli item serta equipment serta up-grade senjata jika uang mencukupi. Periksa juga pasukan Ames yang tertidur di 2F Inn. Tinggalkan Sabel dan pergilah ke Ronro Mountain di timur laut.

SoD yang bisa direkrut saat ini: Dongo.

Ronro Mountain
Kalian bisa melakukan save disini. Tujuan kalian adalah puncak pegunungan namun sebaiknya teliti semua daerah untuk item. Kalian bisa memanjat sulur tanaman yang ada. Salah satu item yang ada disini adalah Window Set. Setibanya di atas, kalian akan melihat save point jadi sebaiknya save dulu permainan kalian sebelum melanjutkan. Akan ada battle melawan 6 Bandits. Kalahkan semuanya dengan menggunakan magic atau Unite Attack. Lanjutkan dengan memasuki gua.

Ambil item terlebih dulu di ruangan sebelah kanan dan utara sebelum memasuki ruangan kiri. Event lagi dan pilih pilihan 1 untuk duel one-on-one melawan Roy. Tidak terlalu sulit karena ucapan Roy cukup jelas. Jika kalian kalah, maka kalian akan mendapat Bad Ending. Setelah menang, event lagi kemudian pilih pilihan 2. Tinggalkan Ronro Mountain dan kembalilah ke Sable.

Sable
Setibanya di Sable, save permainan kalian kemudian masuki Solis' Mansion dan pergilah ke 2F untuk event lagi mengenai Euram. Kalian harus melawan kelompok Euram yang terdiri dari Euram dan 5 bodyguard. Gunakan Wind Rune Sialeeds, Unite Attack milik Lyon dan Hero serta Faylen dan Faylon. Setelah menang, event lagi dan pilih pilihan 2. Dinn akan bergabung. Pilih pilihan 1 untuk bergabungnya Roy bersama Faylen dan Faylon. Saatnya untuk kembali ke HQ.

HQ
Laporkan keberhasilanmu ke Lucretia kemudian kembalilah ke kamarmu. Pilih pilihan 1 untuk event yang cukup panjang. Bicara dengan Luserina di 1F untuk membentuk partymu kemudian bicara dengan Viki, pilih pilihan 2 untuk diteleport ke akhir Mountain Path.. Maklum, Viki setengah ngantuk. ^^! Lanjutkan ke Beaver Lodge dan lawan Assasins yang muncul. Maroon akan bergabung. Lanjutkan ke elder's house untuk melawan Dolph.

Gunakan magic untuk menghabisi dia secepatnya. Selesai event, keluar untuk event lagi. Fuwalafuwalu dan Maroon akan bergabung. Kembali ke HQ dan pergilah ke War Room. Event lagi dan kalian akan berada di HQ. Pergilah ke War Room setelah kalian puas merekrut SoD, pilih pilihan 1 kemudian Georg akan bergabung dengan kalian. Tingkatkan Magic Defense miliknya kemudian pergilah ke Estrise. Lanjutkan ke Pier untuk event lagi dan pilih pilihan 1 begitu kalian siap.

SoD yang bisa direkrut saat ini: Nakura (harus sekarang atau kalian akan kehilangan dia), Sagiri, Isabel, Mathias, Murad (jika kalian belum merekrutnya di Lelcar), Linfa.

Nirva  Island
Setelah event mengenaskan Lyon dan Hero, kalian akan tiba di Nirva Island. Lihat event lagi dan jelajahi kota kecil ini untuk mendengar mengenai Lino en Kuldes (Suikoden IV). Bicara juga dengan Chisato di pertunjukan boneka dan coba ajak dia bergabung, walaupun dia menolak. Ambil item yang tersebar di kota ini sebelum menghampiri Skald dan Bernadette di Lighthouse. Event lagi dan pilih pilihan 2, Bernadette akan bergabung denganmu.

Masuki Lighthouse dan lanjutkan ke atas (sambil memungut item yang ada). Akan ada event lagi, pilih pilihan 1 dan keluar dari Lighthouse. Lanjutkan ke kiri dan ambil item yang ada lalu naiki tangga yang ada sampai ke atas. Habisi para bajak laut yang ada (BGM Battle Suikoden IV) kemudian tinggalkan Lighthouse untuk event lagi. Pilih pilihan 1 untuk bergabungnya Bernadette. Bicaralah dengan orang di dekat kapalmu dan pilih pilihan 2 untuk kembali ke Estrise. Kembalilah ke HQ.

HQ
Lapor ke War Room kemudian event lagi. Saat ini HQ akan mencapai level 2 dan air akan surut. Jangan malu-malu, mari kita telusuri HQ baru kita. Kalian bisa memberikan Old Book sekarang ke Alhazred di Library. Jika kalian meninggalkan HQ melalui pintu barat (yang menuju ke Ceras Lake Ruins), kalian akan menghadapi seekor ular putih. Lawan dan dia akan kabur (jika kalian belum memiliki Genou).

SoD yang bisa direkrut saat ini: Chisato, Babbage, Miroon, Meroon, Moroon, Lu, Retso, Shun Min, Yarl, Nellis.

Seperti biasa, pergilah ke War Room. Pilih pilihan 1 dan akan ada event lagi. Sebaiknya save permainan terlebih dahulu sebelum kembali ke War Room. Pilih pilihan 2 setelah kalian siap.

Map Battle #6 (Objective: Masuki kota Doraat dengan menggunakan pasukan hero).
Pusatkan serangan kalian terlebih dahulu ke map battle laut karena yang di darat tidak akan bergerak. Infantry Beaver cukup berguna untuk menghabisi musuh. Manfaatkan special untuk menghabisi musuh. Setelah musuh di laut kalah, kalian bisa mengatur pertarungan di darat. Manfaatkan kelemahan musuh kemudian kalahkan mereka. Setelah semua kalah, gerakkan pasukan Hero memasuki kota Doraat dan menghampiri pasukan Alania. Akan ada event. Victory+ akan memberikan Guardian Scarf.

Doorat
Zerase akan bergabung dalam kelompok. Bicara dengan Luserina untuk membentuk partymu. Saat ini, kalian tidak bisa melarikan diri jika masuk ke dalam battle. Sebaiknya simpan magic untuk boss nanti. Tempat ini merupakan tempat yang cukup baik untuk menaikkan level. Jangan masuki dulu gerbang di depanmu tapi masukilah di kanan bawah. Ada beberapa item serta save point menunggu. Setelah puas, masuki gerbang di depanmu dan lanjutkan sampai kalian tiba di Fort. Jangan masuk dulu, persiapkan dirimu kemudian masuki gerbang untuk event pendek.

Alania + 5 Godwin Soldiers
Gunakan serangan magic dan Unite Attack untuk menyerang Alania. Manfaatkan magic dari Star Rune milik Zerase untuk menghabisi pasukan Godwin. Hati-hati terhadap serangan Twilight Rune dari Alania karena bisa menimbulkan efek status.

Event lagi setelah menang dan kalian bisa mengambil item di ruangan kanan atas dan kiri bawah sebelum menaiki tangga di ruangan sebelah kanan. Sembuhkan dirimu sebelum menghampiri Miakis. Miakis akan menantangmu duel one-on-one. Kalahkan dia dan akan ada event lagi. Kalian akan kembali ke HQ untuk event dan Miakis akan bergabung. Pergilah ke Seal Room dan hampiri Zerase untuk menemui Leknaat (akhirnya!!!!!!!). Kalian akan mendapatkan Stars Table. Setelah beres dengan urusan ini, turunlah ke bawah untuk event yang cukup panjang.

SoD yang bisa direkrut saat ini: Levi, Bergen, Genou (jika belum direkrut), Norma, Ernst, Gavaya, Raven, Byakuren, Wilhelm, Mueller (jika belum direkrut).

Sekarang saatnya untuk menaikkan level karaktermu (usahakan di atas 40). Karakter yang akan kalian bawa adalah Hero, Lyon (sudah pasti), Roy, Zerase, dan Kyle. Mereka akan melawan 3 General jadi persiapkan mereka sebaik mungkin. Persiapkan juga party yang akan dibawa dengan equipment serta skill yang sesuai.

Setelah siap, pergilah ke War Room. Setelah event pendek, kalian harus memilih pasukan yang akan digunakan untuk menyerang. Pasukan Hero dan Lyon juga akan memiliki Miakis serta Sialeeds. Roy dan Zerase akan berada dalam satu kelompok dan Kyle hanya sendirian. Usahakan memiliki paling tidak 1 magician kuat dalam tiap kelompok (Jeanne, Levi, Viki).


Map Battle #7
(Objective: Team Roy tiba di dekat Lymsleia) Pasukan Lysmleia, Alania dan Zahark tidak akan bergerak. Jadi kalian bisa memusatkan perhatian kalian dengan menghabisi musuh yang berada di disisi lain. Namun jangan habisi semua special. Lakukan dengan sabar dan setelah semuanya kalah, saatnya menghampiri Zahark dan Alania (Infantry). Gunakan special untuk mengalahkan mereka lalu hampiri Lymsleia dengan menggunakan pasukan Roy. Hadiah untuk Victory+ adalah Spun Silver Armor.

Setelah menang, akan ada 3 battle terus menerus. Jangan sampai kalah di battle ini karena jika kalah, kalian akan mendapatkan Bad Ending.

Alania + 5 Guards
Kelompok Roy dan Zerase akan melawan Alania. Gunakan magic serta Unite Attack untuk mengalahkannya. Serangan Star Rune Zerase bisa menghabisi mereka dengan cepat.

Zahhak + 5 Guards
Kyle akan melawan Zahark. Gunakan taktik yang sama dengan saat melawan Alania.

Galleon + 5 Guards
Yang terakhir adalah Hero dan Lyon melawan Galleon. Taktik yang sama dan kalian akan mengalahkannya.

Setelah ini akan ada event lagi dan Sialeeds akan meninggalkan kelompokmu untuk seterusnya. Lyon juga tidak akan bisa digunakan untuk sesaat. Pergilah ke kamarmu untuk event dengan Galleon bersama Kyle dan Miakis. Kembali ke Infirmary lalu pilih pilihan 1 dan Miakis akan bergabung. Untuk sementara, dia akan menjadi bodyguardmu. Pergilah ke Seal Room dan bicara dengan Zerase.

Pilih pilihan 1 kemudian Zweig akan bergabung bersama Lorelai. Bicara dengan Lucretia di War Room. Kembali ke 1F lalu keluar lewat pintu selatan untuk mengajak Galleon bergabung. Viki dan Logg belum bisa digunakan jadi keluar HQ melalui pintu timur kemudian kembali lagi masuk. Bicara dengan Logg dan kalian bisa menuju ke Spinacks Harbor.

SoD yang bisa direkrut saat ini: Haswar, Isato, Urda, Eresh.

Spinacks  Harbor
Ada 4 item di kota ini jadi temukan semuanya. Bicara juga dengan Hazuki disini (jika kalian tidak membawa Belcoot) dan salah satu orang di dekat pintu keluar di barat untuk membuka Hershville Naval Base (hanya bisa dicapai dengan menggunakan kapal). Sebaiknya kalian ke Hershville untuk berbicara dengan Cathari (harus dilakukan). Lanjutkan dengan mengambil pintu keluar di sisi timur Spinacks Harbor untuk tiba di World Map. Teruskan ke selatan untuk tiba di Sauronix Castle.

Sauronix  Castle
Event pendek kemudian kalian bisa mengambil 4 item yang terletak di bagian atas kota. Sebagian besar item itu terletak di dalam rumah. Masuki Rania's Workshop untuk mengajaknya bergabung. Masuki Sauronix Castle untuk event lagi kemudian kalian bisa menjelajahi kastil ini.

Turuni tangga yang ada sampai di bawah lalu selidiki semua tempat untuk item. Dari tangga di sebelah barat, naik terus dan ada satu item tersembunyi di selatan. Perhatikan arah pandangan Dragon Horse untuk menemukannya. Saatnya untuk menuju ke Deep Twilight Forest jadi kembalilah ke Spinacks Harbor. Dari sana, keluar melalui pintu barat. Temukan Deep Twilight Forest di barat laut.

SoD yang bisa direkrut saat ini: Hazuki.

Deep Twilight Forest
Jalan disini cukup rumit dan pohon-pohon disini menghalangi pandangan kalian. Usahakan kalian memiliki paling tidak 3 Escape Scroll untuk belakangan nanti. Pertama, save dulu permainan kalian. Jalan ini akan sangat panjang jadi persiapkan diri kalian dengan baik. Belok kanan lalu kanan lagi lalu utara.

Lanjutkan ke kanan lalu ke selatan, ikuti jalan ke arah kanan lalu ke utara. Ambil item di sebelah kanan lalu lanjutkan ke utara. Teruskan ke kiri, ada jalan tersembunyi di selatan. Ada item menunggu disana lalu lanjutkan ke arah barat laut (kanan atas) untuk tiba di Ruins. Tidak ada jebakan atau puzzle di Ruins ini jadi telusuri semuanya. Kalian bisa mendapatkan Golden Hammer disini. Saat menemukan save point, jangan lupa untuk save permainan. Killey akan muncul jadi ajak dia dengan pilihan 1. Di akhir perjalanan, kalian akan menemukan boss Ruins.

Alncient Kazler
Boss ini bisa menidurkan karakter, jadi segera sembuhkan dengan Rune atau item. Gunakan Unite Attack serta magic untuk menjatuhkan boss ini. Untuk pertahanan, manfaatkan Clay Guardian.

Lanjutkan ke ruangan terakhir untuk event dengan Leknaat. Gunakan Escape Scroll untuk keluar dan ajak Killey bergabung dengan pilihan 2. Gunakan lagi Escape Scroll untuk meninggalkan Deep Twilight Forest. Kembalilah ke HQ.

HQ
Langsung cabut ke Infirmary dan lihat event yang ada.

SoD yang harus direkrut saat ini: Cathary.

Kembali lagi ke Infirmary dan Lunn akan muncul. Pergilah ke War Room untuk pembicaraan pendek lalu keluar. Logg akan bergabung denganmu. Viki tidak bisa digunakan jadi dengan menggunakan kapal, pergilah ke Baska Mine. Masuk ke gua lalu gunakan track di sebelah kiri (jika kalian membawa Takamu) untuk langsung menuju ke dekat pintu masuk menuju Dwarf Camp.

Dwarf Camp
Akan ada event disini kemudian Gunde akan bergabung. Lanjutkan ke kanan dan bicara dengan Wabon. Dia akan bergabung, hampiri kereta di sebelah kanan untuk pembicaraan pendek. Save permainan kalian lalu hampiri kereta itu lagi untuk event. Kalian akan menghadapi 2 Assassins. Pilihan lagi lalu Lunn bersama Logg dan Gunde akan meninggalkan kalian.

Lanjutkan dan kalian akan melawan Raging Assassins. Dia lebih sulit dibandingkan Assasins biasa. Gunakan magic milik Zerase, Jeanne, Eresh atau Levi. Teruskan perjalananmu sampai kalian tiba di luar. Pilih pilihan 1 dan Wabon akan bergabung bersama Gunde. Keluar dari Deep Twilight Forest kemudian melewati Spinacks Harbor dan akhirnya menuju ke Sauronix Castle. Event pendek lalu kembali lagi ke Spinacks Harbor. Bicara dengan laki-laki di dekatmu kemudian kembali ke Deep Twilight Forest. Akan ada event lagi kemudian kalian akan tiba di Sauronix Castle. Pergilah ke ruangan Craig untuk bergabungnya Roog dan Rahal. Kembali ke HQ.

HQ
Save dulu permainan kalian sebelum menuju ke War Room. Setelah event, kalian diminta memilih untuk membela Lordlake atau Lelcar. Saya akan memilih Lordlake.


Map Battle #8
(Objective: Kurangi pasukan musuh sampai setengahnya, ~ 900). Map battle tersulit sejauh ini. Kalian harus mengurangi pasukan musuh namun juga tidak boleh membiarkan musuh memasuki Lordlake (dan jangan sampai ada karakter tewas disini). Kalian harus bergerak cepat! Jidan tidak akan menghampirimu jadi pusatkan seranganmu ke pasukan yang menyerangmu.

Tempatkan paling tidak 3 pasukan di dekat Lordlake (termasuk pasukan Hero) sebagai pertahanan. Bentuk 4 Archers, 2 Cavalry dan 1 Infantry. Gunakan semua serangan special dan heal jika diperlukan. Star magic milik Zerase cukup berguna untuk menyerang banyak musuh sekaligus (jika mereka berada di area yang berdekatan). Setelah mengurangi pasukan musuh sampai ~900, Lucretia akan memberikan isyarat mundur. Tidak ada Victory+ disini.

Event lagi dan Lucretia akan memberikan pilihan. Pilih pilihan 3 untuk menarik nafas dan save game kalian (kecuali jika kalian ingin mengulang map battle lagi?!). Kembali ke Lucretia dan terima tawarannya untuk meninggalkan HQ. Aka nada event lagi kemudian kalian akan berada di Dwarf Camp.

Dwarf Camp
Setelah pembicaraan dengan Lucretia, kalian harus membentuk party kalian. Bicara dengan Luserina, kalian TIDAK BISA membawa karakter perempuan. Jadi untuk magician, bawalah Levi. Persiapkan semua character dengan equipment serta item seperlunya kemudian gunakan kereta dwarf untuk menuju ke Gordius, letaknya di sebelah timur Sauronix Castle.

Gordius
Akan ada pembicaraan pendek lalu lanjutkan ke Lair Entrance untuk event. Masuki tenda di paling kiri atas untuk pembicaraan dan event. Turuni tangga yang ada sampai ke bawah lalu pilih pilihan 1. Masuk ke Dragon Horse Lair dan save permainan kalian. Arah kiri memiliki 2 item lalu lanjutkan ke arah kanan dan kanan lagi untuk item.

Terus ke utara sampai muncul event. Kalian harus melawan 4 Assasins, gunakan magic dan Rune. Setelah menang, akan ada event lagi dan Roog serta Rahal akan meninggalkanmu. Georg akan bergabung jadi tinggalkan tempat ini. Ax, Nick dan Yolan akan meninggalkanmu. Kembali ke Spinacks Harbor, masuki Deep Twilight Forest dan kembali ke Dwarf Camp.

Dwarf Camp
Temui Lucretia di kemah di kanan atas untuk event pendek. Pilihan lagi dan Georg akan bergabung sebagai SoD (akhirnya). Save permainan kemudian kembali ke Lucretia. Pilih pilihan 1 dan Zweig akan bergabung denganmu. Gunakan kereta untuk menuju ke Ceras Lake Ruins. Naik ke atas, seberangi jembatan dan masuki ruangan untuk event pendek. Kembali ke Dwarf Camp. Save kemudian kembali ke Lucretia untuk bergabungnya Flail, Nick, Yolan dan Ax. Pilih pilihan yang tersedia untuk event serta map battle.


Map Battle #9
(Objective: Mengurangi musuh sampai setengah).
Manfaatkan Beaver dan Dragon Horse untuk menyerang musuh di laut. Dahak sebaiknya memiliki Barrage dan jangan digunakan terlebih dahulu. Setelah Beaver dan Dragon Horse menghabisi kedua pasukan di laut, Dahak (atau pasukan laut lainnya) bergerak menghampiri Childerich dan gunakan Barrage untuk melukai pasukan Childerich. Hadiah untuk Victory+ adalah Fog Robe.

HQ
Welcome home! Setelah event, pilih pilihan 3 untuk save game kemudian menjelajahi HQ yang semakin luas saja. Setelah siap, kembali ke Lucretia dan tentukan pilihanmu. Ames atau Doraat.


Jika memilih Ames: 

Map Battle #10
(Objective: Pasukan Hero memasuki Sabel) Musuh tidak akan bergerak. Usahakan kalian memiliki 3 dari tiap tipe pasukan (Archers, Infantry dan Cavalry) dan pusatkan pada special dan healing. Musuh memiliki beberapa special juga jadi gunakan Star, Dawn, Barrage atau Catapult untuk menyerang mereka dari jauh sekaligus heal. Battle akan berakhir ketika Hero memasuki Sabel.

Setelah event, Dinn akan bergabung denganmu. Pilih sisa partymu dan usahakan kalian membawa magician terkuat kalian. Lanjutkan ke pintu di sebelah timur laut (yang menuju ke Ames) untuk event pendek dan boss battle.

Jidan + 5 Ames Guards
Habisi pasukannya terlebih dahulu dengan magic kuat seperti Star Rune atau Explosion. Setelah anak buahnya kalah, kalian bisa memusatkan serangan ke Jidan. Gunakan Rune, magic dan Unite Attack untuk mengalahkannya.

Jika memilih Doraat:


Map Battle #10
(Objective: Pasukan Hero memasuki Doraat) Map battle disini cukup sulit karena kalian harus menghadapi 2 macam battle, darat dan laut. Di laut akan ada Bahram dan di darat akan ada Dilber. Untuk laut, manfaatkan Beaver dan Dragon Horses. Jangan lupa untuk heal. Pasukan darat tidak akan bergerak jadi kalian bisa maju setelah laut kalian kuasai. Gunakan special dan heal saat diperlukan. Battle ini akan berakhir setelah Hero memasuki Doraat. Victory+ memberikan Windspun Cape.

Setelah memasuki kota, Lucretia menawarkan membentuk party. Roog dan Lance akan bergabung secara permanen. Pilih sisa party kalian, sebaiknya magician terbaik kalian. Setelah itu, hampiri Fortress untuk event lagi. Kalian akan menghadapi Bahram.

Bahram + 6 Guards
Gunakan serangan magic yang mengenai semua musuh. Hero bisa menyerang dengan Dawn Rune atau Unite Attack jika kalian membawa Roy atau Miakis. Roog dan Lance juga bisa melakukan Unite Attack, walau Lance unbalance setelahnya.

HQ
Kalian bisa melakukan save dulu sebelum melanjutkan apa-apa. Hindari dulu War Room dan jelajah sekitar jika kalian mau.

SoD yang harus direkrut saat ini: Haleth.

Setelah puas, masuki War Room. Lucretia akan bergabung dengan Cius dan Lelei. Pergilah ke Yashuna Village dengan bantuan Viki (kalian tidak perlu membawa anggota lain).

Yashuna Village
Masuki penginapan untuk bertemu dengan Sharmista. Naik ke 2F dan hampiri pintu di sebelah kanan untuk event love at 1st sight. ^-^ Shula akan bergabung bersama Nifsara dan Sharmista. Kembalilah ke HQ untuk event dengan Josephine.

HQ
Saat ini seharusnya kalian sudah memiliki 107 SoD (jika kalian merekrut Eresh). Jika baru memiliki 106 SoD, kalian bisa memilih untuk merekrut Eresh sekarang atau Euram belakangan nanti. SoD terakhir akan bergabung nanti. Pergilah ke War Room untuk event dan pilih pilihan 1 jika siap.


Map Battle #11
(Objective: Pasukan Hero memasuki Stromfist) Gunakan pasukan Beaver dan Dragon Horse untuk menghabisi musuh laut dan Dahak bersiap untuk menyembuhkan mereka. Untuk pasukan darat, maju perlahan-lahan dari sisi bawah agar tidak memancing pasukan Dilber. Setelah beberapa saat, akan muncul pasukan baru. Segera tarik mereka dari dekat musuh ke arah pasukanmu.

Setelah menghabisi pasukan laut, manfaatkan Dahak (atau pasukan laut lain jika kalian punya) untuk menyerang pasukan di darat. Gunakan special seperti Charge atau Catapult untuk menjauhkan Childerich dari Stormfist agar Hero bisa memasuki kota. Ada event pendek saat Hero memasuki kota.

Western Forest
Akan ada event. Georg, Zerase dan Shoon akan bergabung dalam kelompokmu. Pilih sisa kelompokmu dan tempatkan beberapa magician di entourage untuk persiapan. Jika kalian ingin orang lain melawan Childerich, kalian bisa memilih antara Belcoot, Richard atau Zegai (tentunya jika level dan equipment mereka juga sebaik Hero). Save permainanmu terlebih dulu di dekat pintu masuk sebelum memasuki Sewer.

Lanjutkan sampai di sel kemudian naiki tangga dan masuki pintu di sebelah kanan untuk event dan duel one-on-one antara Childerich melawan Hero atau Belcoot atau Richard atau Zegai. Setelah menang, lanjutkan ke arah kanan untuk keluar. Akan ada boss battle disini.

Dilber + Guards
Seperti biasa, gunakan magic namun jangan keluarkan semuanya karena masih ada boss battle lainnya. Gunakan Formation, Rune dan Unite Attack untuk mengalahkannya.

Setelah menang, masuki Godwin's Castle. Masuki ruangan tengah untuk save permainan kalian. Kalian bisa menjelajahi kastil ini sebelum naik ke atas namun battle di kastil ini tidak bisa dihindari. Kalian bisa menemukan Platinum Hammer di wilayah ini.

Setelah puas, naik ke lantai atas dan masuki pintu di kiri atas untuk item. Persiapkan diri dengan magician terbaik kalian sebelum memasuki kamar Gizel di kiri bawah.

Sialeeds
Seperti yang terlihat dalam event, Sialeeds memiliki Twilight Rune dan cukup berbahaya jika kalian tidak memiliki equipment yang sesuai. Keluarkan semua magic terkuat kalian dan segera sembuhkan HP saat diperlukan. Manfaatkan juga Clay Guardian sebagai pertahanan (terutama untuk Shoon dan Georg).

HQ
Save permainanmu terlebih dulu lalu jika kalian mendapatkan Platinum Hammer dari Godwin's Castle, berikan ke Dongo. Jika kalian menginginkan Euram, sekarang merupakan waktu untuk merekrutnya. Naikkan karakter Hero serta Miakis dan beberapa karakter lain sampai mendekati level 60. Setelah puas jalan-jalan, kembali ke kamarmu untuk event lagi. Save permainan kemudian pergilah ke War Room. Setelah siap, pilih pilihan 1.

Saatnya untuk menjelajahi HQ dan melihat apa yang dilakukan para SoD malam sebelum battle terakhir. Kunjungi Lyon di Infirmary kemudian Georg di luar. Bicara dengan semuanya jika mau kemudian kembali ke kamarmu dan terima tawaran pelayan di luar untuk beristirahat. Save game kemudian kembali ke War Room, saatnya untuk menyerang Sol Falena.
Map Battle #12 (Objective: Dahak memasuki Sol Falena).
Musuh tidak akan bergerak. Kalian harus memikirkan battle di darat dan di laut namun jika mau cepat berakhir, gerakkan pasukan laut menghampiri Sol Falena dan gunakan Barrage atau Rune magic untuk membuat mereka mundur sementara Dahak menghampiri Sol Falena.


Dahak
Turun ke 1F dan bicara dengan Luserina untuk membentuk kelompokmu. Bawalah karakter yang memiliki pertahanan magic yang kuat. Save game kemudian keluar dari Dahak untuk bertemu Sialeeds.

Sialeeds
Gunakan strategi yang sama seperti sebelumnya. Unite Attack, magic atau Rune, semuanya efektif. Jika kalian butuh healing, gunakan Water atau Flowing Rune. Untuk pertahanan, gunakan Clay Guardian.

Setelah menang, Twilight Rune akan berpindah ke Lyon. Setelah event yang cukup panjang, kalian akan terjun ke Map Battle terakhir. (What!? No save!?)


Map Battle #13
(Objective: Herro memasuki Sol Falena). 13 adalah angka sial Musuh akhirnya akan bergerak ke arahmu. Mulailah berpikir dan bergerak cepat untuk menghabisi musuh. Fokuskan pada healing dan Charge untuk di darat agar battle sedikit lebih mudah. Pasukan di laut juga bisa melakukan support untuk pasukan di darat dengan menggunakan Barrage.

Manfaatkan pasukan Beaver untuk di laut. Kerahkan semua kemampuanmu, semua special ke arah kelompok Alania dan Zahak. Jika kalian berhasil mengurangi HP Zahak sampai paling tidak setengahnya, mereka akan mundur.

Sol Falena
Miakis dan Lyon akan bergabung denganmu. Persiapkan kelompokmu dengan magician terhebat yang memilik Rune terkuat. Masuk ke Sun Palace dan save. Kalian akan bertemu dengan Alania dan Zahak.

Alania + Zahak
Jangan kerahkan semua magic terkuat kalian terlebih dahulu. Gunakan Unite Attack dan Rune biasa untuk mengalahkan mereka. Pusatkan ke satu musuh terlebih dahulu sebelum menyerang yang berikut.

Event pendek dan kalian akan melawan mereka lagi.

Raging Alania + Raging Zahak
Pertarungan ini sedikit lebih sulit dari sebelumnya jadi manfaatkan Clay Guardian. Gunakan Chain Magic milik Dawn dan Twilight Rune (Creation) untuk menyerang sekaligus menyembuhkan kelompokmu. Keluarkan semua magic terkuatmu dan mereka akan kalah.

Balik badan dan save permainan kalian sebelum meneruskan. Lanjutkan ke 2F bagian timur untuk mengambil item di ruangan paling ujung. Kemudian persiapkan Hero dan masuki Audience Room untuk duel one-on-one dengan Gizel. Duel ini sedikit lebih sulit jadi ingat-ingat perkataannya untuk mengalahkannya.

Setelah menang, akan ada event lagi. Keluar dari ruangan ini, save permainan kalian lalu keluar. Lyon akan bergabung lagi kemudian kembalilah ke Audience Room untuk event yang mengabarkan ke mana kalian harus pergi. Haswar, Isato dan Zweig akan bergabung denganmu. Pergilah ke Lunas.

Lunas
Masuki Oracle's Conclave kemudian lanjutkan ke bawah dengan menggunakan tangga yang ada (ingat? Tempat Lymsleia melakukan ritualnya). Akan ada event dan Isato serta Haswar akan meninggalkan kelompokmu. Lanjutkan perjalananmu dan save ketika kalian menemukan save point. Lanjutkan terus sambil memungut item yang ada sampai kalian tiba di Ruins. Kalian akan melihat tiga jalan, artinya kalian harus membagi menjadi 3 kelompok (ingat Suikoden 3?).

Sebaiknya persiapkan karakter terbaik yang bisa kalian bawa. Mereka harus memiliki equipment terbaik, skill terbaik, dan Rune terbaik ditambah dengan senjata terkuat (level 16) untuk penyerang fisik. Jangan lupa item. Kalian akan dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu kelompok Hero, kelompok Lyon, dan kelompok Zweig beserta Georg. Usahakan Lyon memiliki equipment dan senjata terbaik. Pilih pilihan 1, dan kembali untuk save permainan (sebaiknya di slot yang berbeda). Kalian bisa menekan tombol bundar untuk berganti kelompok. Berikut urutan kelompok yang dijalankan.

Hero - Lyon - Zweig - Lyon - Hero - Lyon - Zweig - Hero - Lyon - Hero - Lyon - boss battle (kelompok Lyon) - Lyon - Zweig - boss battle (kelompok Zweig) - Zweig - Hero - boss battle (kelompok Hero) - Hero - ketiga kelompok bergabung.

Setelah semuanya bergabung, kalian harus membentuk party dari anggota kelompok yang ada. Namun Zweig dan Georg tidak akan bisa dipilih. Setelah puas, pilih pilihan 1 untuk melanjutkan perjalanan. Setelah beberapa saat, kalian akan bertemu Dolph. Pilih pilihan 2 dan Lyon akan melakukan duel one-on-one dengan Dolph.

Agak sulit karena Lyon sedikit lebih lemah dibandingkan Hero. Jika Lyon kalah, Hero akan mengambil alih. Setelah menang, akan ada event pendek. Persiapkan diri dengan item, tarik nafas lalu masuki pintu yang ada untuk event terakhir.

Sun Rune Incarnation
Gunakan serangan yang mengenai semua musuh. Pusatkan serangan ke Sun Rune karena dia bisa melakukan revive ke pendampingnya. Chain Magic, Formation, Unite Attack, magic terkuat dan jangan lupa untuk melakukan heal! Pertahanan magic cukup penting disini dan manfaatkan juga Clay Guardian.

Magic Earthquake tidak akan berguna disini jadi hindari serangan yang menyerang land-based enemies. Jika kalian membawa Zerase, level 4 Star Rune miliknya sangat efektif. Gunakan item jika diperlukan. Heal, serang sebisa kalian dan musuh ini akan kalah.

Setelah pertarungan yang melelahkan, akan ada event lagi yang tergantung pada berapa banyak SoD yang kalian kumpulkan. Jika kalian mengumpulkan semuanya dan tidak ada yang tewas saat Map Battle, maka kalian benar-benar mendapatkan True Good Ending! Georg akan menawarkan 2 pilihan untuk kalian, pilih semau kalian dan lihat ending yang ada. Setelah selesai, kalian bisa menggunakan Clear Data untuk bermain ulang (kurang lebih sama seperti Suikoden IV). :)

Kalian bisa menyimpan barang-barang di Gudang, Old Book, Window Set, Voice Set, Sound Set, Skill Point, uang, menu masakan, namun sayangnya, tidak bisa melakukan SKIP scene.
Dan selamat kamu telah menamatkan Suikoden V

0 komentar:

:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39

Posting Komentar

 
 
KODE WIDGET FOLLOWER, IKLAN, ATAU APA SAJA DI SINI
[Tutup]
Link Exchange