Ads 468x60px

Labels

About

Senin, 23 Juli 2012

Walkthrough FINAL FANTASY VII (PS1) "B.INDONESIA"

DISC ONE

= MIDGAR =
Saat game dimulai dan FMV selesai, kamu akan mengendalikan Ex-Soldier. Sebelum meneruskan perjalanan, periksa dulu tubuh penjaga di dekatmu 2x untuk potion lalu habisi penjaga yang muncul. Teruskan dan bicara dengan Wedge. Selesai bicara Barret akan bergabung denganmu.
Hematlah MP-mu dan bicara dengan Wedge serta Jessie untuk membuka pintu. Sebelum memasuki lift, periksa ruangan sebelah kanan untuk Phoenix Down. Masuki lift, tekan tombol dan lihat event pendek. Teruskan perjalananmu dan dengarkan petunjuk Jessie. Temukan save point dan save. Sembuhkan diri kemudian teruskan perjalanan.

Boss : GUARD SCORPION (HP : 800)
->Cloud menyerang dengan magic bolt dan Barret menyerang biasa. Hati-hati dan perhatikan gerakan boss ini. Saat dia mengangkat ekornya (Cloud akan memperingatkanmu, lihat dialog box di atas), jangan menyerang! Guard dan sembuhkan dirimu saat perlu. Saat ekornya turun, teruskan menyerang. Gabungkan dengan Limit.

Setelah menang, segera pasangkan senjata baru Barret dan kabur! Waktumu hanya 10 menit, manfaatkan sebaik-baiknya. Kembali ke tempat Jessie dan bicara dengannya kemudian teruskan pelarianmu ke lift. Bicara dengan dengan Wedge dan Jessie untuk membuka pintu dan lihat event. Setelah kamu bisa mengendalikan Cloud, tinggalkan tempat ini.

= SLUM =
Kamu akan bertemu dengan penjual bunga disini dan bisa membeli bunga darinya. Pilihan yang kamu pilih disini bisa menentukan siapa kencanmu nanti. Tinggalkan tempat ini, pungut Potion di tengah jalan dan teruskan perjalananmu. Kamu akan dicegah oleh para prajurit Shinra, pilih hadapi untuk menambah Exp dan uang. Setelah kamu bisa mengendalikan Cloud, ikuti Barret cs. Bicaralah dengan Jessie kemudian Barret untuk event lagi.
Lihat event setelah kamu turun dari kereta dan ikuti Barret. Teruskan sampai kamu tiba di sektor 7. Masuki 7th Heaven (tunggu sebentar jika Barret tidak mengizinkanmu). Lihat event begitu kamu masuk. Kamu bisa memberikan bunga yang kamu beli ke Marlene atau Tifa. Bicara dengan semuanya dan cobalah meninggalkan tempat ini untuk event. Bicara dengan Tifa sebelum turun ke bawah untuk berbicara dengan Barret lalu kembalike atas.
Setelah bangun, naik ke atas dan bicara dengan Tifa serta Barret. Akan ada penjelasan tentang materia jika kamu mau. Sebelum pergi, kunjungi weapon store dulu dan naiklah ke lantai atas. Ambil All Materia serta Ether. Kemudian beli armour baru untuk Cloud, Tifa dan Barret. Beli juga Fire Materia dan jual barang yang tidak perlu. Setelah puas, kembali ke stasiun kereta. Oh ya, di salah satu rumah kamu bisa bicara 3x dengan seorang bapak. Pilihan disini bisa mempengaruhi kencanmu di Gold Saucer.

Bicaralah dengan Tifa dan kamu harus meninggalkan gerbong yang ada. Tinggalkan tiap gerbong tapi saat kamu berpapasan dengan seorang laki-laki berambut merah, kejar dia karena dia mencuri uangmu! Kamu bisa memilih untuk mengejarnya atau membiarkannya (dengan resiko kehilangan uang … terserah). Di gerbong terakhir, bicaralah dengan semuanya dan meloncatlah dari kereta. Setelah Barret selesai bicara, kalau kamu mau mendapatkan tambahan Exp dan uang, daripada ke utara, pergilah terus ke selatan. Akan ada pasukan Shinra yang bisa kamu hadapi terus menerus.
Kalau tidak, teruskan ke utara sampai kamu mencapai gerbang sinar. Periksa gorong-gorong di sebelah kiri dan turunlah. Bicaralah dengan Biggs dan naiki tangga di dekatnya untuk bertemu Jessie. Ambil item kemudian turuni tangga di paling kiri untuk bertemu Biggs. Save kemudian masuki lorong di sebelah Wedge. Turuni pipa yang ada dan teruskan ke inti reaktor. Kembali ke lift setelah beres.
Di tempat baru ini, teruskan perjalanan. Kamu harus memukul panel yang ada berbarengan dengan Tifa dan Barret, jadi perhatikan timing. Setelah pintu terbuka, sebaiknya teruslah bertempur untuk menaikkan limit break semua karakter. Save dan sembuhkan diri sebelum memasuki pintu yang terbuka.

Boss : AIR BUSTER (Hp : 1200)
->Seperti biasa, Cloud menggunakan Bolt. Ice lebih efektif dibandingkan Fire. Namun kalau limit break semua karakter penuh, kerahkan semuanya dan (biasanya) boss ini akan langsung tiwas. Kalau tidak, gunakan saja magic bolt + ice.

Setelah event, bicara dengan Aeris beberapa kali. Selesai bicara dengan Aeris, Reno akan muncul. Bicara dengan dia (atau tidak) kemudian bicara dengan Aeris. Event lagi dan sebelum maju, periksa perlengkapan Aeris. Maju sedikit lalu event. Jatuhkan tong di bagian kiri belakang, kanan belakang dan kanan depan. Kalau meleset, Aeris akan tetap bertarung. Pilihan menjatuhkan tong yang benar atau tidak akan mempengaruhi kencan Cloud kelak. Lihat event sampai Aeris bergabung kembali dengan Cloud.
Teruskan perjalanan sampai ada event pendek. Kemudian lanjutkan ke sebelah kiri. Lubang menuju sektor 6 tertutup, jadi teruskan ke arah kanan atas untuk tiba di sebuah kota kumuh. Rumah Aeris terletak di sebelah kanan (tekan SELECT) namun sebelumnya masuki rumah di sebelah kanan bawah. Naik ke lantai atas dan bicara dengan anak yang sedang tidur. Periksa laci di tengah tapi jangan ambil uangnya. Teruskan ke rumah Aeris untuk event. Naiklah ke atas untuk beristirahat.
Setelah Cloud bangun, tinggalkan rumah Aeris PERLAHAN-LAHAN! Jangan menyentuh dinding atau berlari. Turuni tangga pergilah ke lubang menuju sektor 6. Aeris sudah menunggu disana… ^^! Teruskan perjalananmu sampai ke depan sektor 7. Akan ada beberapa pilihan, ikuti Aeris dan lihat event lagi. Kejar Aeris sampai tiba di tempat baru.

= WALL MARKET =
Setelah Aeris selesai bicara, pergilah ke Honey Bee Inn di sebelah kanan bawah. Bicaralah dengan penjaga pintu dan tanyakan tentang Tifa. Kemudian pergilah ke Don Corneo Mansion di daerah paling utara. Saatnya untuk menyamar. Pertama, Cloud memerlukan pakaian.

a) Pergilah ke toko pakaian dan bicara dengan pemiliknya. Lalu pergilah ke bar, bicara dengan kakek tua di sana. Pilih pilihan 2 lalu 2, untuk mendapatkan Silk Dress (dress terbaik). Kembalilah ke toko pakaian dan coba pakaian. Dengarkan komentar Aeris lalu tinggalkan toko.

b) Pergilah ke Gym. Bicara dengan pelatih di sana dan kamu akan diminta untuk melakukan lomba squat. Secara berurut, tekan tombol    , X, O. Jangan terlalu cepat, karena jika terlalu cepat, Cloud tidak bisa mengikuti dan akibatnya hanya garuk-garuk kepala. Kamu akan mendapatkan Blonde Wig (wig terbaik) jika menang.

->Jika kamu langsung berganti pakaian dan menuju ke Don Corneo Mansion di tahap ini, Tifa akan terpilih.

c) Bicaralah dengan laki-laki di depan jalan menuju Honey Bee Inn untuk mendapatkan Member Card. Lalu masuki toko materia, dimana terdapat seorang laki-laki yang sedang tiduran. Setujui tawarannya lalu pergilah ke penginapan. Menginaplah di sana semalam dan belilah item seharga 200 gil. Kembali ke laki-laki tadi untuk mendapatkan Diamond Tiara (aksesories terbaik).

->Jika kamu berganti pakaian di tahap ini, Aeris yang akan terpilih oleh Don Corneo.

d) Masuki restauran dan dekati kursi kosong. Terima tawaran untuk duduk dan pesanlah Today's Special. Selesai makan, pilih pilihan tengah ("the food was alright") dan terima Pharmacy Coupon. Sekarang pergilah ke toko item dan tukarkan kupon itu dengan Digestive. Pergi ke bar dan buka pintu kamar mandi. Berikan Digestive ke perempuan di dalamnya dan kamu akan mendapatkan Sexy Cologne (aksesories terbaik).

e) Masuki Honey Bee Inn. Kamu bisa memilih antara 2 ruangan di sebelah kiri. Jika memasuki kamar di kiri atas, bicaralah dengan pelayan sebelum Mukki meninggalkan ruangan untuk mendapatkan Lingerie. Jika memasuki kamar kiri bawah, Mukki dan teman-temannya akan mengajak Cloud untuk mandi bersama dan memberikan Bikini Brief. Sebelum meninggalkan Honey Bee Inn, masuki ruangan paling utara. Salah satu pegawai disini bisa memakaikan make up pada Cloud. Tinggalkan Honey Bee Inn.

Beres semuanya? Masuki toko pakaian dan berganti pakaian. Setelah Aeris kembali bergabung denganmu, pergilah ke toko senjata dan beli armour serta senjata baru untuk Aeris dan Tifa. Masuki Don Corneo Mansion lalu naiki tangga dan pergilah ke ruangan di sebelah kiri untuk bertemu Tifa. bicara dengan Tifa kemudian ambil ether. Pasang equipment baru serta Materia ke Tifa sebelum meninggalkan tempat ini. Bicaralah dengan salah satu anak buah Don Corneo untuk event lagi.

->Jika kamu memiliki aksesories terbaik, maka Corneo akan memilih Cloud. Homo deh wkwk

Kalau Corneo memilih Tifa dan Aeris, Cloud harus melawan beberapa musuh. Tinggalkan ruangan, Tifa akan bergabung denganmu saat kau keluar. Jika Corneo memilih Tifa, jemput Aeris di ruangan sebelah kiri. Masuki ruangan Corneo untuk event. Ambil Hyper di belakang tempat tidurnya dan coba tinggalkan ruangan. Pilih semaumu dan event lagi. Pasang materia Fire pada Aeris karena dia magician terbaikmu. Bicara dengan Aeris dan Tifa, kemudian bersiaplah untuk melawan boss.

Boss : APS (Hp :1800)
->Boss ini lemah terhadap api. Jadi biarkan Aeris menyerang dengan Fire dan menyembuhkan dengan Limitnya. Cloud dan Tifa bisa menyerang fisik atau dengan magic. Tsunami yang dikerahkannya dapat melukainya juga. Lakukan heal dengan magic ditambah limit Aeris (Healing Wind).

Setelah boss ini kalah, tinggalkan tempat ini. Teruskan perjalanan sampai tiba di Train Graveyard. Akan ada event pendek, teruskan ke layar berikutnya. Namun sebelumnya periksa beberapa tong disini untuk item. Di layar berikutnya, lakukan hal yang sama sebelum menggerakkan kereta. Teruskan ke kiri dan Cloud akan tiba di sektor 7. Aeris akan meninggalkan kelompok. Beli item dari bapak gendut kemudian save. Tiba di atas, akan ada kesempatan untuk mempersiapkan kelompokmu.

Boss : RENO (Hp : 1000)
->Hati-hati dengan pyramid attack-nya! Kalau semua karakter terperangkap, berarti game over. Hancurkan pyramidnya dengan serangan fisik. Kalau beruntung, Cross Slash (limit 1-2 milik Cloud) bisa men-stun Reno.

Event lagi lalu bicara dengan Barret saat dia menemukan tali untuk kabur. Kembali ke rumah Aeris untuk event. Naik ke atas dan bicara dengan Barret serta Marlene (pilihan disini juga menentukan kencan kelak) lalu tinggalkan rumah Aeris. Sebelum pergi, kembali ke rumah dimana ada anak kecil yang tidur. Dia akan memberikan Turbo Ether untukmu jika Cloud tidak mengambil tabungannya.
Pergilah ke Wall Market, siapkan Cloud dan kelompoknya sebaik mungkin. Lalu belilah 3 battery di pria di toko senjata (sebelah kiri) seharga 300 gil. Kemudian teruskan ke utara dan ikuti anak-anak yang berlarian. Mulailah memanjat naik dan gunakan battery untuk meneruskan perjalanan dan mengambil ether. Saat tiba di puncak, akan ada event pendek.

= SHINRA HQ =
Ada 2 cara untuk memasuki tempat ini dan pilihan tersebut dapat mempengaruhi kencanmu di Gold Saucer kelak. Metode Tifa (ke arah kiri) bebas musuh dan kamu bisa menemukan Elixir di salah satu lantai. Metode Barret (langsung masuk) lebih menantang. Kamu bisa menaikkan level dan membeli item di lantai 2. Metode apapun yang dipilih akan membawamu ke lantai 59. Bantai para penjaga dan dapatkan Key Card 60. Masuki lift dan pilih lantai 60. Bicara dengan Barret dan Tifa lalu lanjutkan ke ruangan di sebelah kiri.
Disini Cloud harus bersembunyi dari para penjaga dan membimbing Barret serta Tifa ke ruangan berikutnya dengan tombol O. Perhatikan timing penjaga! Penjaga di sebelah kanan lebih cepat dibandingkan yang kiri. Jika gagal sebanyak 4x, Cloud akan dibawa secara otomatis ke seberang. Lanjut ke lantai 61. Bicara dengan salah satu orang disini dan pilih "….." untuk mendapatkan Key Card 62. Lanjut ke lantai 62. Bicara dengan Domino dan pilih jawaban yang tepat (acak untuk tiap game baru). Kalau tebakan pertama benar, dia akan memberikan elemental materia sebagai bonus. Kalau ingin tahu, periksa pada file yang salah tempat di tiap ruang lalu susun abjadnya.

Dengan Key Card 65 di tangan, lanjut ke lantai 63. Aktifkan mesin lalu keluar. Ambil pintu di paling utara dan buka. Lanjut ke kiri lalu ke ruangan di selatan dan ambil Trade Coupon A. Masuk ke dalam ventilasi dan ambil Coupon B. Keluar dan buka pintu ke kanan untuk ambil Coupon C. Kembali ke ruang komputer dan tukarkan semua kupon.
Lanjut ke lantai 64 untuk save dan mengambil beberapa item di locker. Ingat tempat ini! Kamu juga bisa beristirahat di sini.
Naik ke lantai 65. Tujuan disini adalah melengkapi puzzle yang ada dengan pecahan kota Midgar yang berada di tiap peti. Oh ya, kamu juga bisa mencuri Carbon Bangle (armor terkuat sejauh ini) dari musuh Moth Slasher. Setelah mendapatkan Key Card 66, lanjutkan perjalanan kamu. Masuki kamar mandi dan panjatlah ke atas. Teruskan dan lihat event lagi. Keluar dan ikuti Hojo ke lantai 67.
Hal penting yang bisa dilakukan di lantai ini adalah mencari musuh 3rd SOLDIER. Kamu bisa mencuri Hard Edge, senjata terkuat Cloud saat ini dari musuh tersebut. Harus dilakukan saat ini juga di lantai 67- 68. Ikuti Hojo untuk event lalu teruskan ke arah kanan. Save lalu pasangkan Star Pendant ke Cloud. Pasangkan juga materia ke satu karakter yang diinginkan. Naiki lift dan Red akan bergabung denganmu. Kamu harus menendang salah satu anggotamu keluar dari kelompokmu.

Boss : SAMPLE HO512 (Hp : 1000)
->Lupakan status poison yang ditimbulkannya. Gunakan magic fire dan pusatkan serangan ke boss yang besar. Gabungkan dengan limit dan boss ini akan tiwas dengan segera.

Lihat event lagi dan atur party kamu. Ambil Enemy Skill Materia (selalu pasangkan ke Cloud) lalu turunlah ke lantai 66. Masuki lift untuk event yang cukup panjang. Bicaralah dengan semuanya, terutama Aeris lalu tidur. Saat bangun, tinggalkan penjara dan periksa mayat penjaga. Bicara dengan Tifa lalu ikuti dia. Jemput Barret dan Red lalu ikuti mereka. Bicara dengan Tifa, pasang equipment ke Tifa dan Aeris lalu pergilah ke lantai 67.
Ikuti jejak berdarah Jenova ke lantai 69 dan save disini. Terus naik ke atas dan lihatlah event. Pergilah ke luar melalui pintu di sebelah utara untuk bertemu Rufus. Event lagi dan kamu akan mengendalikan Aeris. Sebelumnya lepaskan materia Cloud dan Tifa. Pasangkan Lightning ke Aeris dan Restore ke Barret atau Red. Pastikan juga Red memiliki materia magic lalu masuk ke dalam lift.

Boss : HUNDRED GUNNER (Hp : 1600)
->Gunakan Bolt untuk damage besar. Ice lebih efektif dibandingkan Fire. Barret bisa menyerang biasa atau dengan magic. Limit juga berguna disini. Sembuhkan diri dengan  Healing Wind atau Restore.

Boss : HELI GUNNER (Hp : 1000).
->Taktik yang sama seperti sebelumnya.

Setelah menang, kamu akan mengendalikan Cloud. Lepaskan materia kelompok Aeris dan pasangkan materia poison serta Restore ke Cloud.

Boss : RUFUS (Hp : 500)
->Habisi dulu Dark Nation dengan gabungan Poison + All. Karena adanya Barrier, magic akan lebih efektif disini. Gabungkan dengan Limit dan Rufus akan melarikan diri.

Tinggalkan kantor, turuni tangga dan jangan lupa save. Bicara dengan Tifa lalu kontrol akan beralih ke Aeris. Dekati pintu keluar dan lihat event. Akan ada mini game disini dimana Cloud harus melindungi team-nya. Pilih teammu dan pasangkan materia yang cocok. Setelah mini game beres, boss time!

Boss : MOTOR BALLS (Hp : 2600)
->Karena boss ini akan menyerang dari belakang, posisi karaktermu akan berbalik. Sesuaikan terlebih dahulu sebelum mulai menyerang. Letakkan Aeris atau Barret di deretan belakang untuk mengurangi damage dan Cloud atau Tifa di deretan depan. Taktik yang sama namun kali ini jangan lupa untuk melakukan heal karena serangan boss ini cukup kuat, terutama Fire Thrower dan Fire Sweep. Kombinasikan limit Aeris dengan magic Restore.

Setelah menang bicara dengan semuanya sebelum mencoba meninggalkan tempat ini. Pilih anggota pilihanmu lalu tinggalkan Midgar,

= KALM TOWN – YUFFIE =
Setelah berada di World Map, pergilah ke Kalm, tidak jauh dari Midgar. Masuki kota dan pergilah ke penginapan. Teman-temanmu sudah menunggu disini. Akan ada event yang menceritakan mengenai masa lalu Cloud. Event yang cukup panjang namun tidak perlu khawatir terhadap battle karena Sephiroth akan mengatasi semua musuh yang muncul. Teruskan perjalananmu, setiap pertanyaan yang ditanyakan oleh teman-temanmu bisa mempengaruhi siapa kencanmu nanti.
Setelah puas mengelilingi Nibelhiem, masuki penginapan dan naik ke lantai atas. Bicara 2x dengan Sephiroth lalu event lagi. Ikuti Tifa kemudian lanjut ke gua di sebelah kanan untuk event. Teruskan perjalanan untuk event dan Cloud akan tiba di reaktor. Ikuti Sephiroth dan bicara dengannya. Periksa katup di bagian bawah tabung sebelah kiri kemudian bicara 2x ke Sephiroth untuk event lagi. Kamu bisa save game atau meneruskan cerita.
Setelah berada di dalam Shinra Mansion, naiki tangga dan ke kanan. Periksa pintu rahasia yang di dekat prajurit kemudian turunlah ke bawah. Masuki perpustakaan untuk event pendek lalu tinggalkan Sephiroth. Keesokan harinya, kembalilah ke tempat Sephiroth dan bicara dengannya. Setelah dia pergi, tinggalkan Shinra Mansion. Hampiri Zangan kemudian coba masuki rumah Cloud untuk event. Kejar Tifa kemudian periksa tubuhnya lalu susul Sephiroth untuk mengakhiri flashback.

Event lagi dan setelah semua teman-temanmu pergi, kembali ke atas. Periksa lemari terus menerus sampai Cloud menendangnya untuk mendapatkan Megalixir. Temanmu yang tersisa akan memberikan PHS. Sebelum meninggalkan kota ini, periksa lemari di setiap rumah untuk item kemudian belilah weapon, armour serta Materia Earth.
Pastikan kamu memiliki uang paling tidak sebesar 2500 gil sebelum memasuki Chocobo Ranch. Begitu masuk, bicara dengan Chocobo di dekat pagar dan pilih pilihan 1 untuk Choco-Mog Materia. Masuki rumah sebelah kanan dan bicara dengan Choco Billy. Dia akan menjual Chocobo Lure Materia seharga 2000 gil. Beli materia ini dan beli juga Green (pilih yang paling murah), minimal 5. Tinggalkan Chocobo Ranch.
Save game kemudian berputar-putarlah di jejak Chocobo yang terlihat di World Map. Jangan lupa meng-equip Chocobo Lure. Jika lagu battle berubah, maka Chocobo akan muncul. Segera lemparkan Green ke arah Chocobo dan saat dia sedang menyantapnya, habisi monster yang menemaninya (jadi gunakan serangan individual). Setelah monster yang mendampinginya kalah, Cloud akan mendapatkan Chocobo.
Hampiri rawa di dekat Chocobo Ranch dan perhatikan bayangan ular yang mondar-mandir di rawa tersebut. Ular ini adalah Midgar Zolom. Hindari ular ini sebisa mungkin dan teruskan ke perjalanan ke gua di ujung rawa. Akan ada event pendek kemudian tinggalkan layar ini. Turun dari Chocobo (tekan X) kemudian masuki gua.

MIDGAR ZOLOM (Hp : 4000)
->Mustahil dihadapi dengan level rendah. Sebaiknya hadapi saat kamu sudah memiliki HP diatas 1500 dan Fire Ring. Ini dikarenakan musuh ini memiliki Enemy Skill BETA. Cara mendapatkannya : Equip Fire Ring ke Cloud dan Enemy Skill Materia (atau pada karakter lain). Biarkan Cloud sebagai healer sementara dua karakter lain menyerang (tapi jangan sampai membunuh monster ini). Saat Hp-nya menipis, dia akan mengangkat kepalanya, pertanda akan mengeluarkan Beta. Saat dia mengeluarkan skill ini, Cloud tidak akan terluka namun karakter lain kemungkinan akan mati atau kritis. Segera sembuhkan dan habisi monster ini secepatnya.

Di dalam Mythril Cave, ambil jalan ke kanan dan panjat sulur yang ada untuk mendapatkan Long Range Materia (Materia penting untuk Cloud saat menghadapi Safer Sephiroth) dan item lainnya. Kembali ke layar sebelumnya dan teruskan ke arah kiri sambil memungut item yang ada. Setelah event, masuki gua di utara untuk item sebelum meninggalkan gua ini.
Cloud juga bisa mampir di Fort Condor namun tidak banyak yang bisa dilakukan disini selain mini game (menghabiskan uang untuk saat ini) dan penambahan point bagi calon kencan Cloud kelak. Saat ini sebaiknya rekrut Yuffie. Berputar-putarlah di hutan (Yuffie selalu ada di dalam hutan), cepat atau lambat dia akan muncul. Kalahkan dia dan kamu bisa merekrutnya dengan beberapa tahapan. Yuffie adalah penyerang jarak jauh, jadi taruh dia di deretan belakang.

a)      Jangan gunakan save point!
b)      Bicaralah dengan Yuffie, jawab dengan "…Not interested.", "…petrified.", "Wait a second!", "… That's right.", "…Let's hurry on."

= JUNON =
Sebelum memasuki Junon, pasang materia dan sembuhkan diri. Beli item jika perlu di salah satu rumah lalu pergilah ke pantai (tangga ke bawah) untuk event.

Boss : BOTTOMSWELL (Hp : 2500)
->Boss ini terbang jadi sebagian besar karakter tidak akan bisa menyerangnya kecuali Yuffie atau Barret yang dilengkapi senjata jarak jauh. Pasangkan Long Range Materia ke Cloud dan gunakan magic ditambah Choco-Mog. Jika boss memunculkan gelembung air pada karakter, gunakan magic untuk menghancurkannya. Pertahankan Hp setinggi mungkin karena saat kalah, boss ini akan menggunakan Big Wave.

Lihat event lagi dan Cloud harus memberikan nafas buatan pada Priscilla. Gunakan tombol Kotak 1x untuk menarik nafas, setelah hampir mencapai puncak, tekan tombol Kotak 1x lagi. Lakukan ini beberapa kali untuk menolong Priscilla. Pergilah ke rumah di dekat pintu masuk untuk beristirahat. Pagi harinya, coba masuki rumah dimana teman-temanmu berkumpul untuk event. Susul Priscilla ke pantai untuk petunjuk mengendalikan Mr Dolphin. Terima tawarannya.
Jangan bergerak dari posisi awal, tekan kotak. Meleset, tapi tekan kotak 1x lagi dan Cloud akan tiba di tujuan. Naiki tangga kemudian lanjutkan ke arah selatan. Turun dengan lift besar lalu masuki ruangan (tekan SELECT untuk lebih mudahnya). Masuki ruang locker dan periksa locker yang terbuka, kenakan pakaian pasukan Shinra lalu keluar. Save kemudian ikuti komandan (prajurit berbaju merah), masuki lorong dan akan ada mini game.

Tujuan Cloud adalah mengisi barisan di paling belakang. Saat berada di barisan, gerakkan senjata Cloud agar sesuai dengan gerakan pasukan lainnya. Agak sedikit sulit tapi lakukan saja sebisa mungkin. Tergantung rating televisi, hadiah yang akan diterima juga akan berbeda.
Selesai event, akan ada petunjuk untuk mini game berikutnya. Setelah jelas, tinggalkan ruangan. Saatnya untuk menjelajah. Masuki semua ruangan untuk memungut item atau membeli senjata, belilah senjata di Weapon Store dekat bar, bukan yang paling ujung. Save game saat menemukan save point. Temukan Enemy Skill di salah satu rumah, di basement setelah berbicara dengan seorang penjaga. Di paling akhir perjalanan, mini game yang sebelumnya dilatih akan berjalan. Sesuaikan dengan perintah komandan, usahakan mencapai point 100 - 200 untuk mendapatkan Force Stealer, senjata Cloud. Setelah event, naiki kapal dan akan ada event lagi.

= SHINRA CARGO SHIP =
Di dalam kapal, bicara dengan semuanya. Berikan tranquilizer ke Yuffie jika kamu menginginkannya sebagai kandidat kencanmu. Setelah bicara dengan semuanya (termasuk Red dan Tifa), kembali ke bawah dan bicara dengan Aeris. Lewati Red dan teruskan ke kiri untuk menemui Barret. Setelah alarm berbunyi, kembali ke tengah kapal. Pilih anggotamu dan save. Salah satu pelaut di sini akan menjual item dan jika ingin berganti anggota, bicaralah dengan salah satu temanmu. Turun ke bawah dan ambil All Materia yang sebelumnya dihalangi Yuffie. Masuki ruang mesin, ambil item sebelum menghampiri komandan berbaju merah.

Boss : JENOVA BIRTH (Hp : 4000)
->Earth, Fire dan Ice efektif melawan boss ini. Gunakan magic dan limit untuk melawannya. Kalau kamu membawa Red dan sudah mempelajari Lunatic High, manfaatkan segera. Boss ini bisa men"STOP" salah satu karakter dan Terror Laser-nya bisa fatal jika HP-mu minim.

Setelah menang, pungut Ifrit Materia sebelum meninggalkan ruangan. Tinggalkan pelabuhan kemudian pergilah ke pantai dan bicaralah dengan Hojo. Istirahatlah di penginapan. Masuki setiap rumah dan ambil semua item yang ada kemudian tinggalkan Costa Del Sol.

= COREL – GOLD SAUCER =
Pergilah ke arah utara dan ikuti jalan melewati pegunungan sampai melihat sebuah gua. Masuki gua itu dan bicaralah dengan kakek yang sedang duduk lalu teruskan perjalananmu sampai tiba di save point. Save game dan teruskan perjalanan. Cloud akan terjatuh sebanyak 3x (kecuali kalau kamu menekan tombol O), biarkan saja Cloud terjatuh lalu segera tekan tombol kanan atau kiri berbarengan dengan O secara cepat. Cloud akan tiba di sisi kanan, kiri atau tengah. Bagian kanan dan kiri memiliki item, jadi pusatkan pada bagian itu. Kembali ke atas dan ambil jalur atas untuk tiba di layar berikutnya.
Teruskan perjalanan dan masuki gubuk kecil. Pilih pilihan 1 lalu keluar. Sebelum pergi, Cloud akan mendengar suara burung kalau berjalan ke arah kanan. Panjat ke atas dan Cloud bisa memilih untuk mengambil harta (hal yang dibenci Tifa dan Aeris) atau tidak. Kembali ke layar sebelumnya dan ambil jalur bawah. Teruskan perjalanan namun sebelum meneruskan ke layar sebelumnya, ambil jalur ke bawah. Ada gua rahasia yang bisa dimasuki untuk item.
Di layar berikutnya, seberangi jembatan dan tiba di Corel Town. Bicara dengan semua orang disini kalau mau dan beli item jika perlu, tapi sisakan 3000 gil. Teruskan ke Gold Saucer di sebelah kiri kota dan akan ada event lagi. Naiki ropeway.
Beli tiket seharga 3000 gil lalu masuk ke dalam. Pilih satu temanmu dan pergilah ke Wonder Square, Cait Sith akan bergabung denganmu, suka atau tidak. GP bisa didapatkan dengan bermain di Wonder Square. Kalau masih ingin berjalan-jalan dan mencoba berbagai permainan, hindari Battle Square.
Setelah puas, masuki Battle Square untuk event dan Cloud akan tiba di Corel Prison. Ikuti Barret dan di layar berikut, masuki rumah yang ada untuk event lagi. Barret akan jadi anggota tetap jadi pilih satu anggota lagi. Lengkapi Barret dengan satu materia summon dan restore materia. Save lalu pergilah ke utara. Teruskan sampai kamu melihat seorang laki-laki di sebelah kanan pagar. Ada beberapa Enemy Skill yang bisa dipelajari disini. Dari layar tadi, pergilah ke kanan. Kalau terus ke utara, Cloud akan tersesat di padang pasir dan hanya bisa kembali dengan bantuan kereta Chocobo yang terkadang lewat.

Pergilah ke arah kanan untuk tiba di junkyard. Sebelumnya, persiapkan Barret lalu ke utara untuk event. Barret akan menghadapi boss ini sendirian.

Boss : DYNE (Hp : 1200)
->Serangannya akan menaikkan Limit Barret dengan cepat. Gunakan summon dan restore materia seefektif mungkin. Dyne memang lebih cepat dibandingkan Barret jadi perhatikan Hpmu.

Selesai event, Cloud akan menjadi chocobo jockey untuk sementara. Dengarkan penjelasan Esther dan saat tiba di ruangan para jockey, ambil Ramuh Materia. Setelah semua jockey pergi, coba ikuti mereka dan Esther akan muncul. Bicara dengannya untuk memulai perlombaan. Akan lebih baik jika kamu memilih Manual Control. Selama perlombaan, teruslah menekan R1+R2 untuk mengisi Dash Meter. Ingat tips ini kalau berniat menjadi chocobo jockey di Disc 2.
Dio akan memberikan Buggy setelah Cloud menang. Dengan Buggy, Cloud bisa melewati padang pasir dan bagian-bagian lautan yang dangkal. Cloud juga bisa kembali ke Junon dengan menggunakan Buggy. Dengan mengendarai Buggy, masuki Costa Del Sol. Pergilah ke pelabuhan dan bicara dengan pelaut. Bayar 100 gil dan pergilah ke Junon. Cloud akan tiba di luar Junon, pergilah ke utara. Seberangi sungai dangkal, tidak jauh dari hutan. Ada gua di mana terdapat seorang kakek yang selalu tidur. Bertarunglah sampai angka pertarungan mencapai angka ganjil atau genap, misalnya 111, 122, 133, dst. Dia akan memberikan Mythril jika berhasil.

= GONGAGA VILLAGE =
Kembali ke Junon dan pergilah ke pantai. Panggil Mr Dolphin dan kembali ke Costa Del Sol. Pergi ke arah Gold Saucer, tidak jauh dari padang pasir ada sungai dangkal. Seberangi dan pergilah ke ruang di ujung peninsula. Masuk dan bicara dengan orang di sana. Pilih Great Gospel, bukan Gold Bracelet dengan membuka salah satu peti yang ditawarkan. Great Gospel adalah Limit Break 4 Aeris.
Cait Sith dilengkapi dengan Manipulate Materia. Pasangkan Materia ini dan cari monster Beach Plug di pantai dekat Costa del Sol. Manipulate monster ini dan dapatkan skill Big Guard. Kembali ke daerah dekat Junon dan cari monster Zemzelet. Dapatkan skill White Wind darinya, dua skill ini akan cukup berguna nantinya. Sekarang saatnya melanjutkan perjalanan, dari Gold Saucer teruslah ke arah selatan untuk melihat sebuah reaktor di tengah hutan. Keluar dari buggy dan dekati reaktor tersebut untuk melihat event mengenai Turks.

Boss : RENO (Hp : 2000) & RUDE (Hp : 2000)
->Setiap kali bertemu dengan para Turks, usahakan mencuri dari mereka. Para Turks selalu memegang item-item menarik. Gunakan Choco-Mog, dan jika beruntung mereka akan terkena efek STOP. Hindari elemen fire ke Rude karena akan menyembuhkannya. Sebaiknya habisi dulu Reno sebelum menghabisi Rude. Gunakan juga Big Guard untuk pertahanan.

Setelah mereka kabur, ambil jalan ke kanan dan hampiri reaktor. Teruskan ke tengah untuk event. Setelah Scarlett pergi, periksa reaktor dan ambillah Titan Materia. Kembali ke persimpangan jalan dan kali ini ambil jalan kiri. Ambil Deathblow Materia sebelum mengambil jalan kanan. Beli item yang diperlukan atau beristirahat. Di salah satu rumah, akan ada event yang bisa mempengaruhi calon kencan Cloud jika membawa Aeris dan Tifa. Tinggalkan Gongaga dan teruskan ke arah timur sampai tiba di daerah bebatuan. Lihat kota yang ada? Hentikan Buggy dan masuki kota itu.

= COSMO CANYON =
Bicaralah dengan penjaga pintu dan Cloud akan diizinkan masuk. Periksa seluruh tempat termasuk sofa di ruang penginapan untuk Elixir. Jika Buggy rusak, bicaralah dengan laki-laki berhelm di dekat api unggun. Tidak perlu membeli senjata saat ini, teruskan saja sampai ke atas. Naiki tangga yang ada dan masuklah ke ruangan Bugenhaagen untuk event.
Pilih 2 anggota untuk ikut. Event ini dapat mempengaruhi kencan Cloud kelak. Jadi bicaralah dengan salah satu gadis saja (Yuffie di Toko Materia, Aeris dan Tifa di penginapan). Setelah menyusun kelompokmu, kembali ke Bugenhaagen dan masuki pintu yang ada. Bicara dengan Bugenhaagen dan akan ada event panjang yang menjelaskan mengenai energi Mako dan Lifestream.

Selesai dengan event ini, bicara lagi dengan Bugeenhagen lalu pergilah ke api unggun. Bicaralah dengan semua teman-temanmu dan Red sebanyak 2x maka dia akan bergabung denganmu. Pilih satu member lagi kemudian beli item (terutama item penyembuh dan Phoenix Down). Beli juga senjata baru serta HP Plus Materia kalau ada uang sisa. Save lalu kembali ke depan toko materia dimana Bugenhaagen menunggu. Bicara dengannya untuk masuk ke Gi Cave.
Terus turun ke bawah lalu cari gua dengan lubang di sebelah kanan. Periksa lubang itu untuk membuka jalan baru. Teruskan perjalanan dan ambil semua item yang ada. Untuk menghindari jalan yang licin, jangan berlari. Berjalan biasa saja untuk melewatinya. Teruskan ke layar berikutnya. Dari 5 jalur yang ada, ambil jalur 2 dan 4 dari kiri. Lawan Stinger (cukup kuat) sebelum meneruskan perjalanan, pasangkan Fire Ring ke salah satu karakter dan persiapkan semua karakter. Saat memasuki layar berikutnya, boss akan menunggu.

Boss:  GI NATTACK (Hp : 5500)
->Boss termudah sepanjang game! Untuk menang dengan cepat, lemparkan saja Phoenix Down atau gunakan spell Revive ke boss ini. Butuh beberapa kali sebelum sukses namun lebih menyingkat waktu. Jika tidak, gunakan magic non-fire level 2.

Ambil Gravity Materia lalu masuki pintu gua. Saat mencoba meninggalkan Cosmo Canyon, Red akan kembali bergabung. Naiki Buggy lalu teruskan ke arah utara, menyebrangi sungai dangkal.

= NIBELHIEM - VINCENT =
Periksa semua rumah dan bicara dengan semua orang berkerudung. Masuki Shinra Mansion dan ambil semua item yang ada. Di lantai 2, ruangan kiri atas terdapat sebuah peti besi. Kombinasi yang benar adalah 36-10-59-97. Saat memasukkan kode, jangan sampai terlewat. Dengan kata lain, pertama dial 36 lalu langsung mundur tepat ke 10, lanjutkan dengan maju tepat ke 59 dan maju lagi angka tepat 97. Cobalah lagi jika gagal. Saat peti terbuka, hadapi mini boss.

Boss : ODD NUMBER (Hp : 7000)
->Triknya adalah bagaimana cara kamu menyerangnya pertama kali. Langsung gunakan Big Guard lalu serang dengan pola yang sama. Boss ini akan berubah warna setelah beberapa saat. Jika kamu terus menerus menyerang secara fisik, boss ini akan mengganti pertahanannya. Dia akan kuat terhadap serangan fisik, namun lemah terhadap serangan magic. Namun sebaliknya jika kamu menyerangnya secara magic, maka dia akan kuat terhadap serangan magic namun lemah terhadap serangan fisik. Jika bervariasi menyerangnya, dia tidak akan berubah sama sekali.

Setelah menang, ambil Key to the Basement dan Odin Materia. Turun ke perpustakaan namun sebelumnya masuki pintu yang sebelumnya terkunci (di dekat perpustakaan). Bicaralah dengan orang di dalam peti berkali-kali sampai dia tidak mau diganggu. Masuki perpustakaan dan temui Sephiroth. Ambil Destruct Materia kemudian coba tinggalkan Shinra Mansion, Vincent akan bergabung denganmu. Sama seperti Yuffie, Vincent juga penyerang jarak jauh. Taruh di deretan belakang. Kembali ke Nibelheim lalu lanjutkan ke utara untuk mencapai Nibel Mountain.

= NIBEL MOUNTAIN =
Ada dua item yang bisa didapatkan di ujung gunung, agak sulit mencapainya jadi gunakan tombol SELECT untuk mengetahui lokasi Cloud. Lanjutkan ke jembatan sampai Cloud tiba di ruangan dengan banyak pipa. Turunlah dulu dengan tangga sebelum kembali ke atas. Masuki pipa 2 dan 4 untuk item. Lanjutkan ke jalan di selatan kemudian loncat turun.
Teruskan sampai tiba di tempat yang sebelumnya diceritakan Cloud saat di Kalm. Lanjut ke utara sampai tiba di ruangan yang bercahaya, salah satu senjata Vincent menunggu di sana. Lanjutkan perjalanan sampai menemukan Nibel Reaktor namun tidak ada apa-apa disana. Masuki pintu yang ada dan Cloud akan kembali ke ruangan dengan pipa. Save lalu periksa boss ungu yang menghalangi jalan dengan tombol O.

Boss : MATERIA KEEPER (Hp : 8400)
->Hindari magic berelemen api dan gunakan Big Guard. Serangan fisik lebih efektif disini dan Choco-Mog terkadang dapat menimbulkan STOP.  Boss ini juga memiliki Enemy Skill Trine jadi jangan bunuh dia sampai dia keluarkan skill ini.

Ambil Counter Materia yang tertinggal dan teruskan sampai mencapai World Map. Lanjutkan dengan mengitari pegunungan, kamu akan melihat sebuah kota. Save sebelum memasuki kota ini.

= ROCKET TOWN =
Masuki setiap rumah untuk item dan beli perlengkapan baru jika perlu. Bicara dengan kakek tua dan setujui melihat roket bersama untuk mendapatkan Yoshiyuki, senjata untuk Cloud. Beli juga Time materia kemudian masuki rumah di utara, ambil item di dalam dan lanjut ke halaman belakang. Tinggalkan rumah lalu pergilah ke roket. Naiki tangga dan masuk ke dalam roket, bicara dengan Cid. Pilih semua pilihan kemudian kembalilah ke rumah Cid. Setelah Palmer muncul, keluarlah untuk event kemudian persiapkan dirimu sebelum menuju ke halaman belakang. Bicara dengan Palmer untuk melawannya.

Boss : PALMER (Hp : 6000)
->Seperti biasa, Big Guard dan serangan fisik+magic+summon kuat. Jangan lupa untuk heal. Karena Palmer adalah manusia, bio sangat efektif untuk melawannya.

Cid akan bergabung denganmu. Kamu akan mendapatkan Tiny Bronco sebagai kapal. Sekarang merupakan saat yang tepat untuk melawan Midgar Zolom dan mendapatkan Beta Enemy Skill (kata siapa hanya Sephiroth yang bisa mengalahkannya…). Namun sebaiknya pergi dulu ke utara dan masuki Bone Village (kota dengan tulang dinosaurus). Masuk ke dalam Silent Forest dan cobalah menangkap Kjata (materia merah yang melayang secara acak). Kalau uang cukup, beli juga equipment baru.

Kalau sudah memiliki Yuffie, pergilah ke Wu Tai. Daratkan Tiny Bronco di pulau di paling timur. Kemudian berjalan kaki ke arah utara tapi ditengah perjalanan, Yuffie akan mencuri 48 materia-mu (tergantung jumlah materia yang dimiliki). Tahu kan apa artinya? Anggota party hanya memiliki command ATTACK dan ITEM. Namun kalau belum merekrut Yuffie, Cloud bisa terus ke utara dan memasuki Wu Tai tanpa gangguan.
Di Wu Tai, target berikutnya adalah mengejar Yuffie. Dia akan bersembunyi di beberapa tempat, jadi ini urutan yang harus dilakukan. Kalau ingin mendapatkan Yuffie sebagai kencan Cloud, sub-quest ini harus dilakukan sebelum menuju ke Gold Saucer.

a)      Saat masuk, Yuffie akan melarikan diri. Masuk ke Bar untuk menemui para Turks. Akan ada event pendek, kemudian tinggalkan Bar.
b)      Pergilah ke Toko Item dan buka peti untuk menemukan materia.
c)      Pergilah ke rumah dekat pintu masuk. Yuffie bersembunyi di balik partial. Periksa partial itu dan dia akan melarikan diri lagi.
d)      Periksa gentong besar di depan bar dan gentong itu akan bergerak. Kedua temanmu akan berpisah, tekan tombol O berkali-kali di depan gentong itu dan Yuffie akan meloncat keluar. Akan ada event lagi, ikuti Yuffie.
e)      Setelah Yuffie selesai bicara, periksa lever yang ada kemudian periksa lagi lever yang sama untuk membebaskan teman-temanmu lalu keluar dari rumah Yuffie.
f)        Beli item penyerang di toko Item kemudian pergilah ke arah pagoda. Di dekat pintu masuk, terdapat sebuah lonceng besar. Bunyikan lonceng itu dan sebuah jalan rahasia akan terbuka. Masuk ke dalam untuk bertemu dengan "kawan" lama-mu, Don Corneo. Sebelum mengejarnya, ambil item di peti. Hadapi pasukan Shinra yang menghalangi. Keluar dari rumah ini untuk bertemu Rude dan Reno.
g)      Save dan persiapkan diri sebelum menuju ke Da-Chao Statue. Saat menjelajahi tempat ini kamu akan bertemu dengan Reno dan Rude dan terdapat sebuah gua yang penuh api, kamu tidak bisa melewatinya saat ini. Saat bertemu Corneo, akan ada boss battle.

Boss : RAPPS (Hp: 6000)
->Sulitnya yang bisa kamu lakukan hanya ATTACK biasa saja. Manfaatkan item penyerang dan penyerang jarak jauh, seperti Vincent. Atau maksimalkan Limit sebelum menghadapi boss ini. Boss ini bisa menyebabkan status Poison dan Aero3 miliknya juga cukup fatal. Segera heal dengan item dan habisi boss ini.

Yuffie akan mengembalikan materia-mu, walaupun letaknya kacau. Bereskan letak materia lalu cari musuh yang bernama Razor Weed disekitar WuTai, pelajari Enemy Skill Magic Hammer. Bicara juga dengan pemilik bar di Wu Tai untuk info mengenai Turtle Paradise Flyer. Kembalilah ke Tiny Bronco, kalau belum mendapatkan Great Gospel milik Aeris, lakukan sekarang. Tujuan berikutnya adalah Gold Saucer.
Pergilah ke Battle Square dan periksa ruang koleksi Dio untuk menemukan Keystone. Dio akan menantang Cloud untuk bertempur di Battle Square. Terima tawarannya dan lawan musuh sebisa mungkin. Kamu tidak harus memenangkan seluruh 8 battle, tapi kalau menang, Dio akan memberikan Protect Vest dan Chocobo Feather. Setelah mendapatkan Keystone, kembalilah ke Ropeway untuk event.

= DATE TIME =
Setelah berpisah dengan teman-temanmu, Cloud akan didatangi oleh salah satu karakter dalam kelompokmu (tidak termasuk Red, Vincent dan Cid).

a)      Aeris akan muncul kalau kamu tidak membuat pilihan yang condong ke salah satu karakter. Bisa dikatakan Aeris selalu muncul sebagai kencanmu kalau kamu gagal menarik perhatian Tifa, Yuffie atau Barret.
b)      Tifa akan muncul kalau kamu berhasil menarik perhatiannya. Untuk mendapatkan Tifa, kamu harus selalu menghiraukan dan mengatakan hal-hal yang tidak sesuai dengan Aeris dan Yuffie serta tidak melakukan sub-quest Wu Tai.
c)      Yuffie akan muncul kalau kamu menghiraukan Tifa dan Aeris serta selalu membawanya dalam battle. Kamu juga harus melakukan sub-quest Wu Tai. Peluangnya akan lebih besar jika kamu merekrutnya di dekat Junon saat awal.
d)      Barret juga bisa menjadi kencan kamu. Caranya? Jahatlah selalu ke karakter perempuan lain dan selalu bawa Barret bersamamu.

Ikuti event lucu dan pilih pilihan sesukamu. Kamu bisa mevariasikan sandiwara menjadi romance gombal atau komedi tolol. Selesai di panggung sandiwara, kencanmu  akan mengajak ke gondola. Lihatlah ke luar jendela saat kencanmu memintanya. Setelah puas kencan, kamu akan bertemu Cait Sith. Kejar dia dan ketika berhasil menangkapnya, akan ada event. Sebelum meninggalkan kamar, periksa Iron Maiden untuk Elixir. Aeris akan bersikeras ikut denganmu jadi pilih satu anggota lagi. Sebaiknya pilih yang memiliki level tertinggi. Tinggalkan Gold Saucer.

= TEMPLE OF THE ANCIENT =
Sebelum melanjutkan, belilah HP Plus Materia di Cosmo Canyon, dapatkan Beta Enemy Skill, Big Guard Enemy Skill dan Great Gospel Aeris. Pastikan Hp ketiga karaktermu berada di atas 1500 (minimal). Setelah siap, pergilah ke kuil di tengah hutan. Letaknya di bagian selatan peta, kamu bisa melihatnya dari rumah di semenanjung. Saat masuk, Tseng akan memberikan Keystone. Masukkan Keystone ke altar dan kamu akan memasuki kuil.
Agak sedikit sulit disini karena jalannya yang berliku-liku. Ikuti kakek tua berpakaian ungu dan bicaralah dengan dia. Dia bisa menyembuhkan dirimu, mensave gamemu dan menjual item. Semua senjata yang ditemukan disini merupakan senjata terkuat para karakter di Disc 1 namun tidak memiliki slot.
Keluar dari ruangan dan akan ada kakek lainnya yang harus diikuti. Begitu memasuki ruangan berikut, kamu harus menghindari batu-batu yang ada. Tekan O tepat di tengah celah batu. Cloud akan berlutut sehingga kamu bisa meneruskan perjalanan. Teruskan sampai ke ujung dan batu-batu tersebut akan menghilang. Ikuti Aeris untuk event lalu kembali ke ujung jalan. Kakek itu akan menawarkan pelayanan yang sama minus penjualan item. Kamu akan tiba di sebuah jam besar. Hal inilah yang harus dilakukan :

a)      Berdirilah di jarum panjang dan tunggu sampai jarum pendek mendekat. Cloud akan terjatuh, kalahkan musuh yang ada. Ambil Nail Bat di peti, senjata terkuat Cloud di Disc 1 kemudian kembali ke jam besar.
b)      Pergi ke IIII (mestinya IV) untuk Princess Guard, senjata terkuat Aeris.
c)      Pergi ke V untuk Ribbon, salah satu aksesories terpenting dalam game.
d)      Pergi ke VII untuk senjata Cait Sith.
e)      Pergi ke VIII untuk Megalixir.
f)        Pergi ke VI untuk meneruskan cerita.

Kali ini kamu harus mengejar kakek yang melarikan diri. Tebak polanya dan kamu bisa menangkapnya. Kamu juga bisa meloncat ke bawah dengan menekan O pada bagian kiri tebing. Jangan lupa mengambil senjata Tifa di paling bawah. Save lalu masuki pintu yang terbuka untuk event. Ikuti Sephiroth terus dan tidak lama lagi boss akan muncul.

Boss : RED DRAGON (Hp : 6800)
->Kalau sudah mempelajari Slow, gunakan ke boss ini. Gunakan Big Guard dan elemen non-fire atau Demi. Kalau Limit Aeris penuh, sebaiknya jangan gunakan dulu. Gunakan Limit milik Cloud dan party-mu yang lain.

Ambil Bahamut materia lalu cobalah untuk keluar setelah menang. Kembali ke miniatur kuil untuk event lagi. Setelah keluar, save game lalu cabut semua summon materia kecuali Bahamut. Pastikan Hp juga cukup tinggi kemudian kembali ke jam besar dan terus ke ruangan XII untuk melawan boss.

Boss: DEMON GATE (Hp: 10000)
->Boss tersulit sejauh ini. Semua serangannya cukup berbahaya, namun untungnya cepat juga menaikkan limit. Kalau Aeris sudah memiliki Great Gospel, aktifkan segera. Summon yang berguna di sini hanya Bahamut! Biarkan kedua karaktermu menyerang fisik, dan Aeris bertugas sebagai healer atau terkadang menyerang dengan magic. Kalau tidak ada Great Gospel, gunakan Big Guard sebagai pertahanan.

Event lagi lalu kamu akan mengendalikan Cloud kecil. Biarkan saja Cloud menyerahkan Black Materia dan akan ada event lagi. Aeris akan meninggalkan kelompokmu namun semua materia dan aksesoris yang dipakainya akan kembali kepadamu. Setelah bisa mengendalikan Cloud, keluarlah dari Gongaga kemudian pergilah ke Bone Village. Galilah Lunar Harp agar bisa meneruskan perjalanan.
Lunar Harp berada di bagian atas, di dekat bekas api unggun. Setelah mendapatkan Lunar Harp, masuki Silent Forest dan teruskan perjalananmu. Ambil Water Ring dari dalam peti karena akan sangat berguna nantinya. Tiba di World Map, masuklah ke Forgotten Capital.

= FORGOTTEN CAPITAL =
Ambil jalan ke kiri terlebih dahulu dan ambil item di bagian ini. Kembali ke perempatan dan kali ini ambil jalan yang kanan. Teman KAMU akan mencegah Cloud jika kamu berusaha meninggalkan tempat ini. Periksa setiap rumah untuk item dan tempat tidur. Tidurlah dan Cloud akan terbangun di tengah malam. Ambil Enemy Skill Materia di dekat tempat tidur paling atas dan kembalilah ke perempatan. Kali ini ambil jalur tengah.
Masuki rumah kerang dan ambil Meteor materia dibagian atas tangga. Turunlah ke bawah dan save gamemu. Pasangkan Water Ring pada salah satu karaktermu kemudian turun ke bawah untuk melihat Aeris. Cloud akan menghampirinya sendiri. Setelah dekat Aeris, tekan O tiga kali untuk event yang membuat sebagian besar gamer menangis histeris.

Boss : JENOVA LIFE (Hp : 10000)
->Aktifkan Big Guard dan langsung serang dengan Meteor. Dia akan langsung men-cast Reflect. Biarkan saja dan pusatkan seranganmu ke summon atau serangan fisik+Limit. Jangan cepat-cepat membunuhnya karena dia memiliki Aqualung Enemy Skill… Yang bisa langsung membunuh karaktermu kalau levelmu rendah atau tidak memiliki Water Ring.

Setelah menang, save  game. Lakukan hal ini dan sekedar info, Aeris sudah secara permanen meninggalkan kelompok dan dia tidak akan kembali lagi… Kecuali menggunakan cheat.




DISC TWO

=ICICLE INN =
Ikuti jejak Sephiroth kemudian ambil senjata baru untuk Cid sebelum menaiki kerang untuk menuju ke atas. Di sini kamu harus memanjat tebing, naik dan turun untuk mendapatkan item di peti harta. Beberapa item cukup berguna jadi sebaiknya ambil semuanya. Setelah mengambil semua item, termasuk yang berada di bawah tangga, masuki gua di bagian puncak. Ada peti berisi Elixir dipojokan bawah kemudian keluarlah ke World Map.
Teruskan perjalanan mengitari pegunungan dan salju sampai kamu melihat sebuah kota. Save game sebelum memasuki kota. Sebelah kiri adalah toko senjata yang juga menjual beberapa item. Jika ingin mengetahui lebih banyak mengenai masa lalu Aeris, masuki rumah di sebelahnya dan periksa semua video yang ada. Masuki semua rumah untuk mengambil item sebelum menuju ke ujung kota. Pilih pilihan pertama dan Elena akan muncul. Tekan D-Pad kanan atau kiri untuk menghindari tinjunya dan dia akan menggelinding pergi.

Pergilah ke rumah di tengah kota dan bicara dengan anak yang sedang duduk. Dia akan memberikan snowboardnya kepada Cloud, jadi ambillah. Kemudian pergilah ke salah satu rumah dan ambil peta yang terpampang di dinding. Kembali ke ujung kota (karena kamu tidak bisa meninggalkan kota), bicaralah dengan laki-laki berbaju ungu untuk petunjuk penggunaan Snowboard lalu teruskan perjalanan.
Dalam mini game ini, kamu harus mengendalikan Cloud melewati beberapa halangan dan memilih jalan yang benar. Saat melakukan snowboard, ambil jalan kiri berturut-turut dan Cloud akan tiba di Hutan. Dari hutan ini, ambil arah kanan lalu utara sampai tiba di jalan yang memiliki banyak cabang. Ambil jalan yang tengah sampai tiba di sumber air panas, sentuh air panas yang ada dan teruskan perjalanan sampai tiba di padang salju.

Jika kamu muncul dari arah sumber air panas, ambil arah utara (sambil memberi tanda) beberapa saat sebelum berbalik menuju ke barat. Tiba di area baru, terus berjalan sampai melihat sebuah gua. Di dalam terdapat seorang perempuan berpakaian ungu yang hanya berespon jika Cloud menyentuh air panas. Kalahkan dia dan dapatkan Alexander Materia.
Kamu bisa kembali ke padang salju untuk kemudian menuju ke utara dan tiba di rumah orang tua atau berputar-putar sampai Cloud pingsan. Jalan manapun yang kamu ambil, Cloud akan berakhir di rumah orang tua bernama Holzoff. Bicaralah dengan dia untuk penjelasan dalam mendaki gunung. Save game setelah beristirahat dan temui teman-temanmu di luar sebelum meneruskan ke utara.

= GAEA’S CLIFF =
Panjatlah gunu  ng dan begitu tiba di tempat beristirahat (bendera merah), tingkatkan temperatur tubuh Cloud dengan menekan tombol kotak terus menerus. Jika suhu badan Cloud mencapai 29 derajat, dia akan pingsan dan kembali ke tempat Holzoff. Perhatikan bendera merah karena itu merupakan pertanda jalan yang aman. Teruskan sampai tiba di gua pertama.
Kamu terkadang bertemu dengan musuh Stilva, pelajari Magic Breath Enemy Skill yang akan berguna nantinya. Jelajahi gua ini dan jangan lupa mengambil Ribbon, tersembunyi di gua yang pintunya tidak terlihat. Dari layar ke tiga, terus saja ke kanan untuk mengambilnya. Saat melihat sebuah batu, tendang batu ini untuk membuka jalan di layar-layar awal. Teruskan perjalanan sampai tiba di luar. Tingkatkan temperatur tubuh Cloud sebelum mulai memanjat ke gua berikutnya. Save game dan jangan lupa untuk mengambil Elixir di bagian bawah.
Masuki gua di sebelah kanan dan teruskan ke gua berikutnya. Ambil Fire Armlet dan lawan semua Icicle yang ada. Tidak perlu loncat ke bawah sampai selesai menjatuhkan semuanya dan mengambil Megalixir (Last Elixir) di paling ujung. Beta Enemy Skill efektif untuk mengalahkan Icicle dan anak buahnya. Saat mencoba kembali, akan ada pilihan lagi. Kali ini loncatlah ke bawah, ambil Speed Source dan save game sebelum meloncat ke pintu yang tersedia. Kamu juga bisa mempelajari Bad Breath dari Malboro di sini.
Setibanya di luar, seperti biasa tingkatkan suhu temperatur tubuh Cloud sebelum mencapai gua yang terakhir. Ada sumber air penyembuh di sebelah save point. Sekarang saatnya untuk menaikkan level dan mengumpulkan armor. Kamu bisa melawan Blue Dragon yang ada di sini dan mendapatkan Dragon Armlet, armor berguna di battle selanjutnya. Setelah puas, save game dan teruskan perjalanan untuk melawan boss.

Boss : SCHIZO (Hp : 18000)
-> Hindari menggunakan magic Ice atau Fire. Gunakan Big Guard, Regen jika sudah punya dan magic level 3 non-elemen atau non Fire/Ice. Manfaatkan juga White Wind Enemy Skill. Jika salah satu kepala mati atau kedua kepala mati, hati-hati dengan serangan penghabisannya yang cukup kuat.

Setelah menang, kamu bisa kembali untuk mensave dan menyembuhkan diri sebelum melanjutkan perjalanan. Panjatlah tebing untuk melihat "luka" Planet lalu terus turun ke bawah.

= WHIRLWIND MAZE =
Di sini Tifa wajib dibawa, jadi kamu harus menggantikan salah satu anggota kelompok dengan Tifa. Teruskan perjalanan dan jangan lupa mengambil Neo Bahamut Materia sebelum mensave game. Akan ada event pendek mengenai Rufus sebelum bisa melanjutkan perjalanan. Di sini kamu harus menerobos "dinding" angin yang menghalangi perjalananmu. Meneroboslah saat angin mulai menipis. Teruskan ke layar berikutnya sambil mengambil item di peti harta.
Di layar selanjutnya, "dinding" yang sama akan muncul namun kali ini ditambah dengan bonus. Tunggu sampai angin menipis dan pusaran angin menghilang baru menyebrang. Sebelum melanjutkan, pasang armor atau aksesories yang menangkal atau mengurangi serangan fire. Di layar selanjutnya, teruskan sedikit untuk event dan battle.

Boss : JENOVA DEATH (Hp : 25000)
->Serangan boss ini semuanya berelemen api. Jadi persiapkan diri sebaik mungkin. Big Guard atau Regen jika perlu. Kerahkan semua serangan magic dan summon terkuat atau gunakan saja serangan fisik. Jika terkena status "SILENCE", sembuhkan dengan item atau White Wind enemy skill.

Ambil Black Materia yang tertinggal. Kemudian berikan ke Barret atau Red XIII. Bicaralah ke Tifa lalu ambil item yang ada dan save game sebelum melanjutkan ke utara. "Dinding" yang seperti sebelumnya akan muncul, tapi ditambah dengan kilat yang menyambar sekali-kali. Agak sedikit sulit mencari timing yang tepat, tapi setelah lewat teruskan ke utara untuk event yang cukup panjang. Bicara dengan Tifa atau Sephiroth untuk meneruskan cerita.

= JUNON – HIGH WIND =
Setelah event yang cukup panjang, bicaralah dengan Barret dan kamu akan mengendalikan Barret. Ikuti Tifa dan sempatkan diri untuk mensave game serta mempersiapkan Barret (materia+equipment). Akan ada event yang cukup panjang kemudian Cait Sith akan bergabung dengan Barret untuk melawan penjaga yang ada. Setelah menang, periksa pintu dimana Tifa terkunci untuk event lagi. Selesai event, bicara dengan Cait Sith dan tinggalkan ruangan. Tinggalkan daerah ini untuk bertemu Yuffie (jika sudah merekrutnya). Teruskan perjalanan dan naiki lift lalu ke arah kanan.
Kamu akan mengendalikan Tifa untuk membebaskan diri. Tenang saja, tidak perlu panik. Nafas Tifa panjang jadi dia tidak akan mati. ^-^  Tekan tombol secara bergantian X,X,T(segitiga),X+T,T+O,O. Setelah lepas, periksa tombol di sebelah kiri kursi kemudian periksa pintu untuk event lagi. Kendalikan Tifa menuruni gedung dan menuju ke ujung cannon. Scarlett akan muncul lagi disini, tampar dia dengan O dan terus tampar dia! Jangan sampai kalah! Setelah Scarlett kalah, larilah ke ujung cannon untuk event lagi.

Turunlah ke bawah lalu masuk ke kokpit. Bicaralah dengan semuanya kemudian pilot. Kembali ke luar dan masuk ke ruangan yang ada tulisan "Operations". Bentuk timmu lalu kembali bicara ke pilot untuk mengendalikan Highwind. Sebaiknya bawa Yuffie ke WuTai dan persiapkan dia sebaik mungkin. Usahakan dia memiliki Big Guard+Magic Hammer Enemy Skill. Pergilah ke WuTai dan masuklah ke Pagoda. Kamu tidak akan diizinkan masuk jika tidak membawa Yuffie. Di dalam, Yuffie harus menghadapi 5 musuh sendirian.

1st Floor -> Gorky. Serang dengan serangan fisik biasa atau magic kuat.
2nd Floor ->Shake. Gunakan Big Guard kemudian serang dengan serangan fisik+Limit.
3rd Floor -> Cheknov. Gunakan Ribbon sebagai aksesories. Lalu serangan terkuat.
4th Floor -> Staniv. Musuh paling mudah. Serangan fisik atau magic.
5th Floor ->Godo. Equipkan Ribbon lalu Big Guard. Godo punya Trine Enemy Skill, jadi kamu bisa mempelajarinya dari dia jika mau. Gunakan magic kuat jika serangan fisikmu rendah dan Magic Hammer untuk menyedot MP dari Godo.

Setelah menang, dapatkan Limit Break Lv4 Manual Yuffie, All Creation dan Leviathan Materia. Tinggalkan WuTai lalu pergilah ke Chocobo Ranch. Belilah Mimet Green dan sekarang saatnya untuk mencari Cloud.

= MIDEEL =
Pergilah ke deretan pulau di selatan-timur dan masuki kota yang ada. Lepaskan semua perlengkapan Tifa. Kamu akan perlu banyak uang di kota ini karena mahalnya barang-barang, jadi jangan membeli apa pun dulu. Pergilah ke toko senjata dan periksa pintu di belakang, tinggalkan toko dan terus ke arah rumah di kiri. Jangan masuk tapi pergilah ke arah belakang rumah dan kamu akan mendengar suara. Periksa dan dapatkan kunci tua, gunakan kunci ini di pintu di toko senjata. Jawablah dengan jujur dan dapatkan Curse Ring.
Cobalah ke tengah kota dan Tifa akan mengelus anjing yang ada. Akan ada event lagi dan kamu akan menemukan Cloud, yang sayangnya dalam keadaan tidak bisa apa-apa. Setelah Tifa pergi, kamu akan mengendalikan Cid. Pergilah ke Operation Room dan bentuk kelompokmu. Kembali ke Mideel dan beli senjata untuk ketiga anggota kelompokmu. Bicaralah dengan White Chocobo, berikan Mimet Green dan pilih "scratch behind his ear" untuk mendapatkan Contain Materia. Bicaralah dengan pemilik White Chocobo di setiap toko sebelum meninggalkan Mideel.

= NORTH COREL – FORT CONDOR =
Mendaratlah di dekat Corel dan kembalilah ke reaktor mako tua di tengah pegunungan (ingat? Sewaktu akan menuju ke Corel dari Costa Del Sol). Save di tengah perjalanan dan siapkan dirimu. Kamu harus melawan penjaga yang menghalangi jalanmu. Setelah menang, kamu harus mengejar kereta yang ada. Dan itu bukan hal yang mudah! Grmbblll….
Kamu harus menekan tombol T (segitiga) dan D-Pad Up silih berganti, lakukan dengan cepat namun pasti untuk mengejar kereta musuh. Terdapat 5 gerbong dan kamu harus melawan musuh setiap meloncat ke gerbong baru. Terdapat batas waktu jadi HINDARI penggunaan Summon. Jika sudah mempelajari Remove (Magic Level 2 dari Exit Materia), gunakan di dua gerbong pertama. Jika tidak, gunakan Magic Breath Enemy Skill, Comet atau Freeze dari Contain Materia.
Tiba di gerbong terakhir, kalahkan prajurit yang terakhir. Kamu harus memasukkan perintah untuk menghentikan kereta tapi kamu tidak bisa memasukkan perintah jika teman-temanmu masih berbicara. Tekan Up+T,Down+X,Down+X. Jika perintahnya benar, walaupun kelihatannya kereta tidak berhenti, dia akan berhenti dengan sendirinya. Terus maju dan kalau berhasil menghentikan kereta, kamu akan mendapatkan Ultima Materia secara gratis!

Sebelum pergi, masuki salah satu rumah dan bicaralah dengan perempuan yang memakai topi. Dia akan memberikan Catasthrope, Limit Break Lv 4 Manual Barret. Tinggalkan Corel lalu pergilah ke Fort Condor, reaktor di dekat Junon. Bicaralah dengan orang di pintu masuk lalu naik ke atas. Bicara dengan laki-laki yang sedang duduk lalu save game sebelum menuju ke atas. Pahami cara battle sebelum memulai pertempuran.
Dari tiga sisi yang tersedia, usahakan menaruh satu dari tiap jenis pasukan dan jebakan jika diperlukan. Setelah battle dimulai, langsung perintahkan semua pasukan untuk maju. Terus sampai ke daerah musuh dan musuh tidak muncul lagi. Tekan tombol R1/R2 untuk mempercepat waktu battle. Kalau musuh mencapai puncak, kamu harus melawan mereka. Usahakan menang karena jika kalah, kamu tidak bisa kembali ke sini. Ambil Phoenix Materia sebelum turun kembali ke bawah.

Bicaralah dengan laki-laki yang duduk untuk mendapatkan Huge Materia. Setelah ini, kembalilah ke Mideel. Jangan lupa untuk mensave game sebelumnya. Persiapkan diri dengan menggabungkan elemental+materia non elemen, seperti Time atau Exit ke armour-mu. Pastikan juga kamu memiliki Magic Hammer enemy skill. Masuki Mideel dan ambil Elixir di salah satu rumah. Jangan lupa berbicara dengan anak pemilik White Chocobo di SETIAP toko sebelum berbicara dengan Tifa. Akan ada event, lari ke luar untuk menantang Ultimate Weapon.

Boss: ULTIMATE WEAPON (Hp : 1000)
-> Langsung gunakan Big Guard dan untuk metode cepat menang, ambil semua MP-nya (Mp : 400) dengan Magic Hammer. Jika Mpnya habis, dia akan kabur. Jengkelnya, dia tidak akan memberikan apa pun, baik Exp, AP maupun uang.

= CLOUD’S MIND =
Setelah bisa menggerakkan Tifa, pergilah ke Cloud di Utara. Lalu bicaralah lagi dengannya untuk event. Selesai event, kali ini bicaralah dengan Cloud di sebelah kiri untuk evet lagi. Kemudian Cloud yang sebelah kanan dan Cloud kecil. Lihatlah ke jendela untuk event yang cukup panjang.  Bicaralah dengan Cloud (sampe pusing, kebanyakan Cloud…) untuk event. Lagi-lagi bicaralah dengan Cloud dan kembali ke Nibelheim untuk masa lalu Cloud yang sebenarnya. Setelah semuanya selesai, bicaralah dengan Cloud dan akan ada event lagi.
Setelah semuanya selesai, kamu mengendalikan Cloud lagi. Cobalah untuk meninggalkan ruangan dan kamu akan diminta untuk membentuk kelompok. Kembalilah ke Mideel. Jika kamu berbicara dengan pemilik White Chocobo di setiap toko, dia akan menjual barang dari toko-toko tersebut. Dengan kembalinya Cloud, ada banyak hal yang bisa dilakukan.

1)      Kembalilah ke Midgar dan bicaralah dengan laki-laki yang kehilangan kuncinya. Pergilah ke Bone Village dan pilih "Good Treasure". Galilah di dekat sayap pesawat untuk mendapatkan Sector 5 Key. Masuki Midgar, mampir ke gereja untuk melihat "Aeris" lalu pergilah ke Wallmarket. Masuki toko yang bertuliskan "Item" untuk mendapatkan Premium Heart, ultimate weapon milik Tifa.
2)      Kembalilah ke Perpustakaan Nibelheim untuk flashback Cloud dan Zack. Event ini memperjelas bagaimana Cloud bisa tiba di Midgar.
3)      Kembang biakkan Chocobo. Lihat bagian "Golden Chocobo" di bagian akhir.

= JUNON REACTOR =
Pergilah ke Junon dan bayar 10 gil ke penjaga untuk menaiki elevator. Turun ke bawah dan save gamemu. Teruskan sampai tiba di pertigaan. Ambil jalan kiri untuk melihat pasukan yang sedang berbaris, bersiap menyerang, berbalik badan dan…. Kabur…. Hampiri pintu yang tertulis label "1", masuk ke dalam dan lawan prajurit yang ada. Teruskan perjalananmu sampai ke save point.
Save dulu gamemu sebelum meneruskan perjalanan. Saat tiba di dasar laut dan bertemu dengan musuh Ghost Ship, morph dia menjadi "Guide Book". Masuki elevator di ujung jalan dan tekan tombol yang ada. Tinggalkan elevator dan teruskan perjalanan sampai menemukan Save Point berikutnya. Di layar berikutnya, kamu harus melawan prajurit yang mencoba menghadang. Ketika meneruskan perjalanan, kamu akan melihat Huge Materia berikutnya. Persiapkan diri sebisa mungkin dan lanjut ke layar berikutnya untuk bertemu dengan Reno.

Boss : CARRY ARMOUR (Hp : 24000)
-> Boss ini bisa menangkap 2 karakter dengan dua cakarnya, dan jika karakter ketiga tewas berarti game over. Selain itu karakter yang tertangkap juga akan menerima damage dari seranganmu. Langsung aktifkan Big Guard lalu serang dengan Magic Breath Enemy Skill untuk menghancurkan 2 cakarnya terlebih dahulu. Setelah 2 cakarnya hancur, kerahkan semuanya, mulai dari magic, limit sampai summon.

Sekarang kamu harus mengejar kapal selam yang mengangkut Huge Materia. Ke kiri dulu untuk mengambil item lalu hampiri kapal selam abu-abu di ujung dock. Ambil item yang ada, terutama Leviathan Scales. Habisi para prajurit yang mencoba menghalangimu sebelum masuk ke dalam kapal selam. Habisi juga prajurit di dalam sebelum mensave gamemu. Masuki kokpit dan kamu bisa menyandera atau melawan kelompok ini. Jika melawan, curi Shinra Alpha dari prajurit berbaju merah. Baca petunjuk pengendalian kapal selam sebelum memulai mini game.
Tujuan kamu adalah menembak jatuh kapal selam merah yang kamu lihat saat memulai mini game. Hindari pesawat selam kuning (atau tembak jika mau) dan lantai lautan. Pusatkan pada kapal selam merah, kamu punya 10 menit untuk menghancurkan kapal selam merah jadi berusahalah sebaik mungkin. Jika menang, pesawat selam akan otomatis menjadi milikmu.
Jika tidak, kembalilah turun ke Junon Reaktor tapi kali ini hampiri anjing yang sibuk menggonggong. Teruskan sampai ke ujung untuk mendapatkan kapal selam lain. Sampai di daratan, save game lalu naiki kapal selam dan menyelamlah.

= UNDER THE SEA  =
Begitu tiba di dasar air, kamu akan melihat Emerald Weapon yang berenang ke sana ke mari. Hindari Weapon ini, kamu tidak dapat melawannya sekarang. Jika kamu menenggelamkan kapal selam merah, ambil Huge Materia dari kapal selam itu. Kamu bisa menemukannya di dekat rumah tukang senjata tidak jauh dari Gold Saucer. Tidak jauh dari sana, kamu juga bisa menemukan sebuah kapal yang sudah tenggelam. Hampiri kapal itu untuk memasukinya.
Setibanya di dalam, ambil Heaven's Cloud, senjata untuk Cloud. Kemudian save game, musuh-musuh di sini cukup kuat dan sering menimbulkan status jadi gunakan Ribbon. Masuki pintu di utara dan jelajahi setiap sudut untuk Double Cut Materia (sangat berguna, pasangkan ke Cloud), Conformer (ultimate weapon Yuffie), Megalixir dan Escort Guard. Selesai mengambil semuanya, kembali ke save point untuk menyembuhkan diri dan mensave game sebelum mengambil pintu ke kiri.

Boss : RENO + RUDE (Hp : 15000 + Hp : 2000)
->Curi Touph Ring dari Reno (Sephiroth memiliki aksesories yang sama saat flashback di Disc 1) dan Ziedrich (armour) dari Rude. Hati-hati jika terkena confuse, sembuhkan secepatnya. Magic dan Summon kuat serta Bio3 (karena mereka manusia) sangat berguna melawan keduanya. Kalau memiliki Double Cut, pasangkan ke karakter yang memiliki attack paling kuat.

Setelah menang, teruskan ke layar berikut atau save terlebih dulu. Di layar berikutnya, banyak item berserakan. Salah satu item penting adalah Hades Materia dan Highwind (Limit Break 4 Manual Cid). Setelah puas, tinggalkan kapal ini dan jangan lupa untuk mensave. Kali ini tujuan berikut adalah air terjun yang berada di dekat Corel, menyelamlah dan cari terowongan panjang sampai ke ujung. Naik ke atas, dan walaupun tidak ada pelabuhan, kamu bisa mendarat.
Ada sebuah gua di balik air terjun. Pastikan Vincent berada di dalam kelompok sebelum memasuki gua itu. Kamu akan bertemu dengan Lucretia yang akan menceritakan masa lalunya dan masa lalu Sephiroth. Kamu akan mulai lagi di luar, jadi kembali ke kapal selam. Kamu juga bisa memasuki daerah ini dengan menggunakan Green/ Black/Gold Chocobo.
Dari daerah ini, menyelamlah ke arah benua di utara. Di salah satu pulau, terdapat terowongan lain. Masuki terowongan ini dan ambil Key of the Ancients yang akan diperlukan nanti. Kembali ke Junon dan masuki Highwind.

= OUTER SPACE =
Pastikan kamu membawa Cid dalam kelompok dan save game sebelum memasuki Rocket Town. Teruskan ke arah roket untuk menghadapi beberapa prajurit Shinra. Sembuhkan diri sebelum menaiki tangga karena Rude sudah menghadang di pintu Roket.

Boss : RUDE (Hp : 9000)
-> Gunakan serangan fisik, magic (Ultima, Comet atau Contain) untuk mengalahkan Rude dan ke dua anak buahnya. Seperti biasa, gunakan Big Guard untuk pertahanan. Kamu bisa mencuri Ziedrich kedua darinya.

Masuki Roket dan lawan prajurit di dalam sebelum memasuki kokpit untuk event. Setelah event, pergi ke ruangan di kanan dan naiki tangga. Periksa Huge Materia dan masukkan 4 kode untuk mendapatkannya. Cid akan mencoba membantumu mengingat jika salah memasukkan kode. Masukkan O,S,X,X dan ambil Huge Materia.
Turuni tangga lalu terus ke utara untuk event lagi. Setelah itu, pergilah ke Cosmo Canyon dan bicaralah dengan Bugenhaagen. Selesai event, periksa Huge Materia yang berwarna biru untuk mendapatkan Bahamut Zero kemudian turunlah ke bawah. Kembalilah ke Forgotten Capital lalu ambil jalan ke kiri dan hampiri benda yang ada di tengah untuk event.
Bicaralah dengan Bugenhaagen dan berikan Key of the Ancients untuk event berikutnya. Selesai event, cobalah untuk meninggalkan tempat ini dan Cait Sith akan menghubungimu. Selesai event, tinggalkan Forgotten Capital dan cobalah memasuki Highwind untuk event lagi. Daratkan Highwind di dekat Midgar dan persiapkan dirimu sebaik mungkin. Bersabarlah dan tunggu sampai Diamond Weapon sampai di pantai sebelum menyentuhnya dan memulai pertempuran.

Boss : DIAMOND WEAPON (Hp : 50000)
-> Pertama, gunakan Big Guard untuk pertahanan. Serangan fisik tidak akan berefek pada boss ini kecuali setelah dia mengeluarkan 'Diamond Flash'. Gunakan Magic kuat ditambah dengan Summon. Boss ini lemah terhadap Lightning, jadi Ramuh atau Kjata cukup berguna disini. Boss ini juga akan mencoba untuk men'silence' karaktermu jadi sembuhkan secepatnya. Jangan lupa untuk mencuri Rising Sun (senjata untuk Yuffie - growth double).

Dia akan kabur setelah kamu mengalahkannya. Lihat FMV lagi kemudian cobalah untuk memasuki Northern Crater (paling utara) untuk event lagi. Kali ini kamu harus kembali ke Midgar untuk menghentikan Hojo. Persiapkan dirimu dengan item dan Knight of Round jika sudah punya. Save game kemudian kendalikan Highwind melewati Midgar dan kamu akan terjun bebas memasuki Midgar.

= MIDGAR AGAIN =
Jelajahi semuanya sendirian sambil mencari Item, Exp dan AP. Save game saat tiba di save point, masuki lubang udara di dekatnya. Jangan pergi ke utara dulu, pergilah ke selatan terus. Di paling akhir jalan. Ada save point lagi dan W-Item Materia, materia yang sangat berguna untuk menduplikasi item. Kembali ke point semula dan kali ini pergilah ke utara untuk bertemu Turks. Jika kamu menjalankan sub-quest Yuffie, mereka akan menawarkan untuk tidak bertempur. Sebaiknya tolak dan lawan mereka.

Boss : RENO + RUDE + ELENA (Hp : 25000+28000+3000)
->Elena bisa membuat karaktermu terkena status 'confusion / charm' jadi sembuhkan secepatnya atau gunakan Ribbon sebagai aksesoriesmu. Elena kebal lightning, Reno kebal ice dan Rude kebal fire. Ini berarti kamu harus menggunakan serangan non-elemen. Curi Minerva Band (armor untuk karakter perempuan) dari Elena dan Ziedrich (lagi-lagi dari Rude). Hades juga cukup berguna. Jangan lupa gunakan Big Guard karena serangan mereka cukup berbahaya. Jika sudah memiliki W-Item, saat ini merupakan saat yang tepat untuk menggandakan Megalixir serta Elixir.

Teruskan ke utara, kamu akan bertemu dengan kawan-kawan-mu sepanjang jalan. Teruskan sampai kamu bertemu Cid, belok kanan kemudian kiri. Naiki tangga di sebelah kiri dan masuki Shinra HQ (tidak usah pedulikan kata-kata Cait Sith). Periksa Turtle Paradise Flyer di papan pengumuman lalu ambil item di toko item. Naik ke lantai 63 dan 64 untuk item.
Di locker lantai 64, kamu bisa menemukan HP Shout (ultimate weapon Cait Sith) kemudian di tangga (metode Tifa), ada senjata untuk Red dan kalau sebelumnya kamu tidak mengambil metode ini, Elixir tetap ada disana. Kembali ke terowongan dan dari tempat Cid, belok kiri sampai ke daerah baru. Sembuhkan diri sebelum meneruskan perjalanan dan kamu akan bertemu dengan si Kyahaha dan Gyahaha.

Boss : PROUD CLOD (Hp : 60000)
-> Terdapat dua sasaran. Pusatkan serangan ke Jamar Armor (HP : ~ 2000) terlebih dahulu karena bagian ini dapat menon-aktifkan serangan materia. Ultima, Comet atau Contain merupakan Magic yang sangat berguna. Gunakan Limit bila memungkinkan. Dan lagi-lagi… Big Guard. Tapi kalau sudah punya Knight of Round, gunakan saja sekali dan dijamin kamu langsung menang.

Teruskan ke utara dan ambil item di peti serta save game. Bawa Barret dalam kelompok untuk sementara dan naiki tangga. Akan ada peti yang berisi Missing Score, ultimate weapon Barret. Peti ini hanya muncul jika kamu membawa Barret. Kamu bisa mengganti Barret dengan anggota lain atau meneruskan perjalanan. Sampai di puncak, persiapkan diri dengan Ribbon sebelum menuju ke kanan dan bertemu Hojo.

Boss : HOJO (Hp : 13000,26000,30000)
->Hojo memiliki 3 bentuk dan bentuk terakhir merupakan yang paling berbahaya karena serangannya dapat menimbulkan efek sleep dan poison. Seperti biasa, Big Guard +Magic kuat+Summon+Limit. Tidak sulit kok.


DISC THREE

= NORTHERN CRATER =
Dungeon terakhir dan perjalanannya teramat sangat panjang! Jangan lupa mengambil Save Crystal dan gunakan dengan bijaksana karena item ini hanya ada SATU!!!!! Persiapkan juga Exit Materia untuk kabur dari musuh Gargoyle. Bukan apa-apa, musuh ini menjengkelkan dengan L4 Death yang dikerahkan jika dia hendak tewas. Biasanya sih miss, tapi tidak jarang juga mengenai semua karakter yang berarti instant game over.
Kalau mau, tinggalkan Northern Crater dan lakukan kegiatan lain di luar. Kamu bisa pergi ke Ancient Forest dengan menggunakan Green, Black atau Gold Chocobo atau setelah mengalahkan Ultima Weapon. Akan lebih baik jika kamu memiliki senjata terkuat para karakter. Di bawah ini adalah cara mendapatkannya dan Limit Manual Lv4.

Cloud Strife
-         Ultima Weapon : Kalahkan Ultima Weapon saat dia berhenti di dekat Cosmo Canyon à Makin tinggi HP Cloud, makin besar serangannya.
-         Omni Slash : Tukarkan dengan 32.000 BP di Battle Square Gold Saucer.

Tifa Lockhart
-         Premium Heart : Di Wall Market, toko yang tertulis "ITEM" à Makin sering slot "MISS", makin kuat daya serangnya.
-         Final Heaven : Bawa Tifa kemudian mainkan piano di kamar Tifa, Nibelhiem. X,S,T,L1+T,L1+S,X,S,T,L1+X,O,X,S,X. Lalu SELECT.

Barret
-         Missing Score : Di Midgar, saat hendak melawan Hojo. Barret wajib dibawa. à Makin banyak materia berlevel tinggi yang dipasang, makin tinggi serangannya.
-         Catastrophe : Corel, bicara dengan perempuan bertopi di salah satu rumah.

Red XIII
-         Limited Moon : Bicara dengan Bugenhaagen di Disc 3 à Makin besar MP Red, makin besar daya serangnya.
-         Cosmo Memory : Kalahkan Odd Number di Shinra Mansion.

Vincent
-         Death Penalty : Kamu harus bertemu dengan Lucretia di Disc 2 lalu kembali di Disc 3 à Makin banyak musuh yang dibantai Vincent, makin kuat daya serangnya.
-         Chaos : Sama dengan di atas.

Cid
-         Venus Gospel : Bicara dengan kakek tua di Rocket Town, kakek yang memberikan Yoshiyuki sebelumnya à sama seperti Red.
-         Highwind : Di kapal Gelnika yang tenggelam.

Yuffie
-         Conformer : Di kapal Gelnika yang tenggelam à Makin tinggi level musuh dibandingkan Yuffie, makin tinggi serangannya.
-         All Creation : Kalahkan Godo di Wu Tai.

Cait Sith
-         HP Shout : Shinra HQ lantai 64, saat menyerang Midgarà sama seperti Cloud.

Kembali ke Northern Crater lalu terus turun ke bawah sampai kamu melihat teman-temanmu. Bagi kelompokmu menjadi dua. Biarkan dua karakter ke kanan dan Cloud bersama 5 karakter lain ke kiri (termasuk dua karakter yang sudah dimasukkan dalam kelompok tetapmu). Di layar berikutnya, kirim dua karakter lainnya ke bawah dan Cloud mengambil bagian atas. Tempat ini merupakan tempat terbaik untuk menaikkan level materiamu.
Manfaatkan W-Item untuk menduplikasi Megalixir dan Elixir sebanyak mungkin. Magic Pot (setelah diberikan Elixir) dan Mover memberikan AP yang luar biasa jika kamu mengalahkannya. Manfaatkan Apocalypse dan equipment lain yang memberikan growth double/triple. Letakkan save point di sini sementara Cloud meningkatkan level materia. Save game sebelum melakukan apa pun kegiatanmu.
Di layar yang terdapat cahaya terang, W-Magic materia tersembunyi di sini. Periksa dengan seksama sebelum meneruskan. Semua anggota party akan menunggu disini. Bicara dengan semuanya untuk mendapatkan item yang mereka temukan. Kalau sudah merasa cukup kuat (dan cukup mental), teruskan ke bawah untuk event dan bentuk kelompok sebelum meneruskan ke bawah.
Teruslah meloncat ke bawah sambil menghabisi musuh yang menghalangi jalanmu. Sebelum mencapai dasar, sembuhkan diri kemudian loncat ke batu terakhir.

Boss : JENOVA SYNTHESIS (Hp : 6000)
-> Boss ini harus dikalahkan sebelum countdownnya selesai. Setelah mencapai 1, dia akan menggunakan Ultima. Walaupun kemungkinan besar party akan bisa bertahan dari serangan ini, tapi kamu tidak akan mendapatkan exp atau AP. Kamu bisa menggunakan magic, tapi serangan fisik juga efektif (digabung dengan Slash All, 4x Cut pada ketiga karakter yang memiliki ultimate weapon).

Akan ada event lagi kemudian kamu diminta untuk membagi kelompokmu menjadi dua atau tiga kelompok. Jika kamu membagi menjadi 3, salah satu kelompok hanya terdiri dari 2 orang. Pastikan karakter yang tidak bisa menyerang jarak jauh memiliki Long Range Materia. Pastikan juga kelompok Cloud memiliki Ribbon sebagai aksesories.

Boss : BIZARRO SEPHIROTH (Hp : ~ 40000)
->Gunakan Big Guard untuk pertahanan dan serang dengan magic atau Summon kuat. Kamu bisa berganti-ganti party jika salah satu bagian musuh tewas. Ingat, jika salah satu party tewas maka GAME OVER. Gunakan Knight of Round untuk pertempuran yang lebih singkat.

Boss : SAFER SEPHIROTH (Hp : tergantung level Cloud)
->Kamu hanya menggunakan kelompok Cloud. Level dan HP Safer Sephiroth tergantung pada level Cloud saat menghadapinya. Jika Cloud level 99, maka Safer Sephiroth juga akan mencapai level yang sama. Semua serangannya kuat dan dia langsung menggunakan Wall sebagai pertahanan awal. Gunakan De-Barrier dan serang dengan semua serangan kuat. Jika dia mulai terbang lebih tinggi, itu pertanda dia akan memanggil 'Supernova'. Segera gunakan Big Guard+Regen dan bantai dia secepat mungkin. Kalau beruntung, dia akan mati sebelum memanggil Supernova. Jika kamu gagal dan Supernova keburu muncul, segera sembuhkan status dan HP dengan Megalixir.

Boss : SEPHIROTH (Hp :  ????)
->Langsung gunakan Limit Omni Slash saat Limit Bar Cloud penuh dan ucapkan bye-bye ke Sephiroth untuk sementara…

GOLD CHOCOBO


  1. Pergilah ke Chocobo Farm dan sewa seluruh peternakan. Sekarang kamu harus mendapatkan "Good" dan "Very Good" Chocobo. "Good" Chocobo bisa ditemukan di daerah Gold Saucer, biasanya ditemani Spencer dan Flap Beat. "Very Good" bisa ditemukan di daerah Mideel atau daerah Rocket Town, ditemani oleh Spiral (Mideel) dan Valron (Rocket Area).
  2. Kembali ke peternakan, pastikan kamu memiliki sepasang jantan dan betina dari "Good" atau "Very Good" Chocobo. Kemudian naikkan status mereka dengan memberikan "Green" yang bisa dibeli di Chocobo Sage (Icicle Area). Pergilah ke Gold Saucer dan naikkan status Chocobo kamu sampai paling tidak ranking B / A.
  3. Pergilah ke pulau di dekat Bone Village dan cari monster Brachioladus. Curi "Carob Nut" darinya. Usahakan kamu memiliki paling tidak 5 buah. Kembali ke peternakan dan kawinkan chocobo kamu dengan menggunakan "Carob Nut". Hasilnya bisa acak, bisa Blue/Green/Regular Chocobo. Jadi pastikan kamu mensave terlebih dahulu.
  4. Lakukan hal yang sama sampai kamu mendapatkan "Blue" dan "Green" Chocobo yang berbeda jenis kelamin. Naikkan level mereka sampai A di Gold Saucer. Kawinkan mereka untuk mendapatkan "Black" Chocobo.
  5. Sekarang kamu butuh "Wonderful" Chocobo. Kamu bisa menangkapnya di Icicle Area, biasanya ditemani oleh Jumping. Naikkan kelasnya sampai S. Hal yang sama dengan "Black" Chocobo.
  6. Pergilah ke Goblin Island, tidak jauh dari Mideel. Curi "Zeio Nut" dari mereka. Kawinkan "Black" Chocobo dengan "Wonderful" Chocobo dengan menggunakan "Zeio Nut". Dan jika berhasil, walaaaa…. GOLDEN CHOCOBO!!!!

Mendapatkan Ribbon à Kamu harus melakukan morph ke Master Tonberry. Pastikan membawa Yuffie. Panggil Hades dan monster ini akan terkena bad status. Gunakan Morph dari ketiga karakter dan dia akan berubah menjadi Ribbon. Damage yang ditimbulkan oleh Yuffie lebih besar dibandingkan karakter lain, terutama dengan Conformer.

Final Attack Materia -> Lakukan di Disc 3. Pergilah ke Battle Square di Gold Saucer dan gunakan selalu Cloud yang sudah memiliki Ultima Weapon. Dapatkan W-Summon Materia (64000 BP) dan Omni Slash (32000 BP). Aktifkan Omni Slash lalu bicara dengan perempuan di counter dan dia akan menawarkan Special Battle yang hanya bisa diikuti oleh Cloud. Menangkan 8 pertempuran sulit dan dapatkan Final Attack Materia!

Knight of Round Materia -> Kamu harus mendapatkan Gold Chocobo terlebih dulu. Dari Chocobo Farm, pergilah ke arah pojok kanan. Ada sebuah pulau bundar di sana, tapi tidak terlihat di peta. Knight of Round Materia terdapat di dalam.

Menduplikasi item -> Kamu membutuhkan W-Item Materia dan item yang ingin diduplikasi harus ada 2. Pasangkan di karakter, kemudian pilih W-Item. Pilih sekali dan pilih karakter, tapi setelah memilih item berikutnya dan panah menunjuk ke karakter berikutnya, jangan tekan O tapi tekan X. Jadi urutannya O,O,O,X,O,X,O,X… Lakukan terus menerus untuk menduplikasi item langka seperti Elixir atau Megalixir.

ENEMY SKILL BERGUNA

White Wind ->Zemzelett (Fort Condor/Junon Area).
Beta ->Midgar Zolom (Midgar Marshes)
Angel Whisper-> Pollensalta (Northern Crater)
Big Guard -> Beach Plug (Costa Del Sol Area)
Dragon Force -> Blue Dragon (Gaea's Cliff) atau Dark Dragon (Northern Crater)
Magic Breath -> Stilva (Gaea's Cliff) atau Parasite (Northern Crater).
Magic Hammer -> Razor Weed (Wu Tai Area)
Bad Breath -> Malboro (Gaea's Cliff atau Northern Crater)
Shadow Flare -> Ultimate Weapon atau Safer Sephiroth

HOW TO BEAT WEAPON
            Ada banyak cara untuk mengalahkan para Weapon. Berikut adalah salah satu cara yang bisa digunakan tapi kamu bisa menggunakan cara-cara lain.

ULTIMATE WEAPON
Dia bisa ditemukan melayang di atas danau di dekat Junon saat Disc 3. Pasangkan elemental + materia non-elemen ke armor. Tabrak dia dan kalahkan, dia akan kabur. Kejar terus atau biarkan saja dulu beberapa saat (lakukan pengembang biakan chocobo atau side quest lain) sampai dia muncul di dekat Cosmo Canyon. Tabrak lagi dan kalahkan dia. Untuk mudahnya, gunakan saja Knight of Round. Setelah kalah, dia akan membuka jalan ke Ancient Forest dan memberikan senjata terkuat Cloud.

EMERALD WEAPON
Dapatkan dulu Underwater Materia dengan memberikan Guide Book ke seorang kakek di Kalm. Kamu memerlukan materia ini untuk menghilangkan batas waktu yang ada saat melawan Emerald Weapon. Ada baiknya kamu memiliki Final Attack Materia yang dipasangkan ke Phoenix. Saat melawan Emerald Weapon, gunakan Knight of Round sementara sisanya menggunakan Mime. Sembuhkan HP dan MP dengan menggunakan Megalixir. Cara lain adalah dengan menggunakan Gravity 3 digabung dengan Quadra Magic.

RUBY WEAPON
Sayangnya kamu tidak bisa memasangkan Final Attack dan Phoenix karena Ruby Weapon menyerap elemen api. Manfaatkan Hades dan Knight of Round. Ruby Weapon terkadang akan “menghilangkan” 2 anggota secara acak sehingga hanya 1 karakter yang bertarung. Kalau sudah begini, sebelum melawan Ruby Weapon, “bunuh” 2 karaktermu melalui pertarungan acak di World Map. Saat melawan Ruby Weapon, segera “bangkitkan” keduanya lagi (atau belakangan, terserah kamu) dan gunakan serangan terkuat non-fire dan non-demi. Knight of Round dan Mime merupakan serangan yang paling efektif.

0 komentar:

:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39

Posting Komentar

 
 
KODE WIDGET FOLLOWER, IKLAN, ATAU APA SAJA DI SINI
[Tutup]
Link Exchange